Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Enfield Shotgun 650 Resmi Meluncur, Harga Rp 60 Jutaan

Kompas.com - 16/01/2024, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield akhirnya meresmikan peluncuran Shotgun 650 yang belum lama ini diperkenalkan. Motor ala cruiser ini dibanderol mulai 359.000 Rupee atau setara Rp 67 jutaan.

Dikutip dari Autocar India, Shotgun 650 merupakan motor keempat dari lini Royal Enfield yang memakai mesin 650cc dua silinder. Pertama ada Interceptor dan Continental GT, lalu Super Meteor dan yang paling baru adalah Shotgun.

Penempatan harga dari Shotgun ini menarik kalau diperhatikan. Motor cruiser ini lebih mahal dari Interceptor dan mendekati harganya Super Meteor yang jadi basisnya.

Baca juga: Royal Enfield Siapkan Himalayan Raid, Versi Canggih buat Dakar

Royal Enfield Shotgun 650Autocar india Royal Enfield Shotgun 650

Bedanya dengan Super Meteor, Shotgun punya ukuran pelek depan 18 inci dan belakang 17 inci. Sedangkan kalau Super Meteor ukurannya lebih tradisional, 19 inci di depan dan 16 inci pelek belakangnya.

Perbedaan lainnya, jok Shotgun lebih tinggi, yakni 795mm, sedangkan Super Meteor 740mm. Ukuran tangki dari Shotgun juga lebih kecil, 13,8 liter, kalau Super Meteor 15,8 liter.

Pada bagian dapur pacu sebenarnya sama dengan model lain yang pakai mesin 648cc dua silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan 47 TK dan torsinya 52 Nm, perbedaannya di Shotgun, mesinnya dicat hitam gloss, bukan matte atau chrome.

Baca juga: Perbandingan Pajak Tahunan, XForce, Creta, HR-V, dan Yaris Cross


Shotgun tersedia dengan jok belakang, jadi bukan single seater saja. Bisa juga single seater dan di bagian belakangnya dipasang rak buat bawa barang selama perjalanan.

Hampir semua komponen dari Shotgun terbuat dari besi, makanya bobotnya 240 Kg. Fitur lain yang disematkan pada Shotgun ini seperti suspensi dari Showa, rem cakram 320mm di depan dan 300mm di belakang dengan ABS dual channel.

Harganya ternyata tergantung warna yang dipilih. Misal buat Sheetmetal Grey yangpaling murah Rp 67 jutaan. Lu ada Plasma Blue dan Drill Green yang harganya Rp 69 jutaan dan paling mahal ada  Stencil White dibanderol Rp 70 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com