Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Enfield Himalayan Racikan Smoked Garage, Jadi Motor Futuristik

Kompas.com - 27/11/2023, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Smoked Garage, bengkel modifikasi yang bermarkas di Bali membuat Royal Enfield Himalayan punya aura yang berbeda. Motor yang dimodifikasi sejak 2018 ini ternyata masih punya penampilan yang menarik setelah lima tahun.

Nicko Eigert, Founder Smoked Garage menjelaskan soal motor racikannya. Motor yang diberi nama SG-411 ini merupakan wujud Himalayan kalau dibuat oleh Smoked Garage.

"Royal Enfield mempercayai kita membuat imajinasi, gimana kalau Himalayan dibuat oleh Smoked Garage. Desainnya banyak yang bilang Scrambler, tapi ini spesifiknya Futuristic Flat Track," kata Nicko kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ada Deklarasi Pemilu, Akses Lalu Lintas di Sekitar KPU Ditutup

SG-411 racikan Smoked Garage Smoked Garage SG-411 racikan Smoked Garage

Nicko bilang, Himalayan yang tampil adventure tetap dipertahankan, tapi mau dibuat nyaman juga buat harian. Makanya secara bodi berubah total, bahkan sampai ke bagian kaki-kakinya juga.

"Kita kepingin motor ini nyaman di jalan kota, tapi tangguh juga di off-road," kata Nicko.

Makanya di sekujur bodinya penuh dengan lubang-lubang. Bukan sekadar hiasan, tapi buat evakuasi saat keasyikan bertualang di medan off-road.

Baca juga: Gambar Digital Triumph Speedmaster 400, Lawan Royal Enfield Meteor

SG-411 racikan Smoked Garage Smoked Garage SG-411 racikan Smoked Garage

"Kalau lihat lubang-lubang di atas tangki, itu dibuat seumpama motor itu jatuh, untuk evakuasi gampang angkatnya. Nanti ada tali yang bisa kita pasang, buat kita tarik," kata Nicko.

Bukan di bagian tangki saja, swingarm yang dibuat custom juga ada pegangannya buat ditarik kalau terjebak di lumpur. Pada bagian depan juga, tepatnya bagian headlamp yang dibuat full aluminium.

"Di bawah jok juga ada lubang lagi, sama itu kalau kena lumpur, kita bisa tarik motor lebih gampang keluarnya. Kita buat gimana caranya ini motor menjadi fun, benar-benar bisa dinikmati, dan terlihat cantik," kata Nicko.

SG-411 jadi motor yang unik, bisa dibilang visioner karena desainnya masih cocok setelah dibuat lima tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com