Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Royal Enfield ala Track Master, Modal mulai Rp 35 Juta

Kompas.com - 15/01/2024, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Bengkel Frontwheel Motorcycle di Bogor, Jawa Barat, mau membuat tren baru di Indonesia, balapan flat track. Salah satu motor modifikasi hasil garapannya punya konsep Flat Track dan menarik buat diulas.

Motor yang digunakan adalah Royal Enfield Bullet 500 yang dirombak buat jadi motor balap flat track. Konsep yang dipilih adalah Track Master Style, motor balap di Amerika periode 1970-an.

Chandra Gunawan, Pemilik Frontwheel Motorcycle, menjelaskan, modifikasi yang dia lakukan terinspirasi dari bengkel Sonic Weld di Amerika, membuat motor flat tracker dari basis Triumph.

Baca juga: Royal Enfield Mau Rilis Classic 650, Jadi Model 650cc Termurah

Royal Enfield Bullet 500 jadi Flat Track Racer buatan bengkel Frontwheel MotorcycleFRONTWHEEL MOTORCYCLE Royal Enfield Bullet 500 jadi Flat Track Racer buatan bengkel Frontwheel Motorcycle

"Pertamanya Triumph, terinspirasi dari situ. Sejauh ini belum ada Royal Enfield Classic yang dibikin track master seperti itu," kata Chandra kepada Kompas.com baru ini.

Soal ubahan, sebenarnya tidak terlalu ribet kata Chandra. Sasis masih pakai bawaan, cuma ubahannya di bagian neck Frame dan ada tambahan sub frame di belakang, disesuaikan dengan kebutuhan balap.

"Bagian kaki-kaki, tromol bikin yang baru, pelek pakai TK W Shape ukuran 19 inci dengan lebar 2.15, pakai ban 130. Suspensi depan pakai Yamaha MT25, teleskopik 41mm dan belakang YSS Z Series," kata Chandra.

Baca juga: Alami Aquaplaning, Honda Brio Melintir di Jalan Tol

Royal Enfield Bullet 500 jadi Flat Track Racer buatan bengkel Frontwheel MotorcycleFrontwheel Motorcycle Royal Enfield Bullet 500 jadi Flat Track Racer buatan bengkel Frontwheel Motorcycle

Kemudian soal bodi, tepatnya tangki, menggunakan bentuk yang mengikuti track master. Warna yang dipilih merah, mengambil inspirasi dari motor balap BSA. Selain itu, ubahannya cuma di bagian spatbor saja darialuminium.

Keunikan dari gaya flat track adalah setangy yang bersih, tanpa tombol-tombol. Bahkan, cuma ada satu tombol buat cut-off mesin, lampu pun tidak ada, mengingat memang kebutuhannya buat balapan.

"Tromol depan enggak pakai rem, dibikin brake less, identik motor flat track racing. Jadi memang simpel banget ubahannya," ucap Chandra.

Pada bagian mesin, sebenarnya tidak banyak perubahan, cuma karbu saja dan sistem pengapian. Karburator memakai PWK 28 dan pengapiannya sekarang sudah CDI.

Buat yang berminat modifikasi seperti ini, biayanya tidak terlalu mahal, mulai Rp 35 juta saja. Tampilan motor ala flat tracker memang cocok buat dipajang karena desainnya yang simpel namun fungsional, buat dipakai balapan lebih cocok lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com