Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata PO 27 Meluncurkan Sekaligus Dua Bus Double Decker

Kompas.com - 11/12/2023, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) 27 Trans beberapa hari yang lalu resmi merilis unit baru dengan model double decker atau bus tingkat.

Unit dengan nama Odin tersebut menjadi bus double decker pertama milik PO 27 Trans. Artinya, baik di dek pertama dan kedua bus terdiri dari susunan bangku penumpang. 

Namun ternyata tidak hanya Odin saja, masih ada satu unit bus tingkat lainnya yang juga diluncurkan yakni dengan nama Frigg. 

Sama seperti Odin,  bus dengan nama Frigg tersebut ditopang oleh sasis jenis tronton. Adapun merek sasis yang digunakan ialah Volvo B11R I-shift 450 HP Built-in Air Suspension.

Baca juga: Modifikasi Tesla Cybertruck, Ceper Pakai Wide Body

Bus tingkat tersebut hadir sebagai layanan bus AKAP kelas premium dengan desain kabin bus yang mewah. Interior bus tampil elegan dengan pemainan warna gelap khas PO 27 Trans. Pada bus ini menawarkan layanan dari dua jenis kelas atau kursi penumpang yang berbeda. 

Untuk dek bawah bus, dibagi menjadi dua area. Area paling depan, tepatnya di belakang sopir, terdapat dua kursi model sleeper dengan konfigurasi 1-1.

Sementara itu, pada area belakang merupakan kursi legrest berukuran jumbo dengan konfigurasi 2-2.

Bus baru PO 27 TransInstagram @arigangalam11_ Bus baru PO 27 Trans

Naik ke dek atas, area ini juga menggunakan kursi legrest berukuran jumbo dengan konfigurasi 2-2. Sementara pada area paling belakang akan digunakan sebagai ruang khusus merokok. Bus ini juga dilengkapi dengan toilet yang letaknya menempel pada samping tangga bus.

Toilet pada bus baru PO 27 TransInstagram @garasi_bus_adiputro Toilet pada bus baru PO 27 Trans

Baca juga: Cara Hemat Tukar Tambah Aki, mulai Rp 150.000

Tampilan eksterior bus masih menggunakan desain khas PO 27 Trans, dengan kelir oranye kombinasi hitam. Bus tampil gagah dengan balutan bodi Jetbus 5 SDD buatan Karoseri Adiputro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com