Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TDL Mau Relokasi Pabrik Baterai Motor Listrik ke Indonesia 2024

Kompas.com - 18/09/2023, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembuat baterai Korea Selatan True Digital Leader (TDL) Global Co Ltd, berencana untuk membangun pabrik baterai motor listrik di Indonesia.

Kepastian ini diperoleh setelah dilakukan penandatangan terkait perjanjian kerja sama antara Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE) dengan TDL Global.

Kepala BBSP KEBTKE Senda Hurmuzan Kanam mengatakan, kerja sama dengan TDL Global terkait dengan ketersediaan suplai 20.000 unit baterai di tahun 2023 dan 100.000 pada tahun 2024 dari pabrik Technology With Spirit (TWS) China untuk mendukung KBLBB.

Baca juga: Gejala Umum Transmisi Mobil Matik Bermasalah

Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE) dengan TDL Global telah melakukan penandatangan terkait perjanjian kerja sama baterai kendaraan listrik.Dok. Kementerian ESDM Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE) dengan TDL Global telah melakukan penandatangan terkait perjanjian kerja sama baterai kendaraan listrik.

"Untuk suplai 100.000 unit di tahun 2024, TDL akan merelokasi pabrik produksinya dari China ke Indonesia," ujar Senda, dikutip dari keterangan resmi (17/9/2023).

Sebelumnya, TDL Global, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Kementerian ESDM menandatangani perjanjian untuk meluncurkan studi kelayakan rencana pembangkit listrik di negara Asia Tenggara.

Menurut laporan Reuters, TDL akan berinvestasi sekitar 200 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,07 triliun di Indonesia sampai tahun 2030 untuk memproduksi baterai motor listrik dan sistem penyimpanan energi.

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin Pastikan Rencana Pengembangan Pabrik Wuling


Kabarnya, pasokan 20.000 unit baterai untuk kendaraan roda dua listrik ke Indonesia akan dimulai tahun ini. Rencana ini akan ditingkatkan sampai 100.00 unit per tahun ketika pabrik telah direlokasi ke Indonesia pada 2024.

“Untuk tahun 2030, kami memiliki rencana untuk memproduksi baterai di sini (setara dengan) 1 Gigawatt, terutama menggunakan baterai solid-state,” kata Jackam Kim, CEO TDL Global, dilansir dari Reuters (17/9/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com