Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan Berbagai Baterai Mobil Listrik Generasi Baru

Kompas.com - 16/09/2023, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota baru-baru ini mendapat kritik karena dinilai memiliki kelemahan dalam jarak tempuh yang dimiliki oleh lini produk kendaraan listrik murninya.

Namun, pabrikan otomotif raksasa asal Jepang itu ternyata sedang menyiapkan teknologi baterai generasi baru yang mampu menghasilkan jarak tempuh jauh.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (15/9/2023), baterai mobil listrik generasi terbaru ini akan diproduksi mulai 2026 mendatang. Nantinya, Toyota akan membuat berbagai jenis baterai, disesuaikan dengan kebutuhan mobil yang akan digunakan.

Baca juga: Ingat, Subsidi Motor Listrik Tidak Tergantung Domisili KTP

Ada beberapa jenis baterai yang akan digunakan Toyota dalam produksi baterai mobil listrik generasi baru ini, yakni lithium-ion, lithium-iron-phosphate, performance, dan solid-state. Baterai Electric Vehicle (EV) akan disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis mobil yang digunakan.

Toyota bZ4X kembali menjadi mobil kenegaraan pada KTT ASEAN 2023dok.TAM Toyota bZ4X kembali menjadi mobil kenegaraan pada KTT ASEAN 2023

Menyoal jarak tempuh, baterai mobil listrik generasi terbaru dari Toyota ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 1.000 Km, dengan hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk mengisi daya.

Perseroan juga mengklaim di masa depan bisa memperluas jarak tempuh hingga 1.200 km sampai 1.500 km dengan baterai generasi terbaru yang akan dikembangkan.

Baca juga: Alasan Toyota GR Garage Hadir di PIK

Toyota menyebut beberapa lini produk listriknya akan menjadi mobil pertama yang menggunakan baterai generasi anyar ini, salah satunya adalah bZ4X, SUV listrik Toyota yang sudah dijual di Indonesia.

Tak hanya itu, Toyota juga sedang bekerja mengurangi ketebalan kemasan baterai dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan interior pengemudi dan penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com