Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Motor Listrik Honda Lebih Mahal dari yang Pernah Disampaikan ke Jokowi

Kompas.com - 11/08/2023, 17:17 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Bertempat di pameran GIIAS 2023, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya mengumumkan harga jual motor listrik EM1 e:. Sekarang motor ini sudah bisa dipesan, tapi buat pengiriman mulai dilakukan pada akhir 2023.

Executive Vice President Director AHM Thomas Wijaya, mengatakan, Honda EM1 e: dijual di kisaran harga Rp 40 jutaan sampai Rp 45 jutaan.

Menurut Thomas, harga jual tersebut masih tentatif karena pengumuman resmi dilakukan ketika motor sudah masuk jalur produksi.

Baca juga: Menakar Harga All New Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2023

Motor listrik Honda EM1 e: hadir di GIIAS 2023KOMPAS.com/ADITYO WISNU Motor listrik Honda EM1 e: hadir di GIIAS 2023

Artinya, harga jual Honda EM1 e: meleset dari prediksi harga yang disebut AHM saat pameran IIMS 2023. Bahkan terbilang cukup mahal harganya, bila dibandingkan dengan motor listrik yang banyak dipasarkan di Indonesia.

Ketika itu Presiden RI Joko Widodo menyambangi booth Honda dan terfokus dengan motor listrik EM-1 e:. Jajaran direksi AHM yang turut serta di sekitar presiden, langsung menjawab pertanyaan yang dilontarkan Jokowi.

"Ini harga berapa?" ujar Jokowi sambil menaiki Honda EM-1 e: di JIExpo, Kemayoran, Kamis (16/2/2023).

Baca juga: Ulas Spesifikasi Lengkap Mitsubishi XForce di GIIAS 2023

Thomas Wijaya yang waktu itu berada di samping Jokowi, langsung menjawab perihal harga jual motor listrik Honda EM1 e:. "(Harga) Rp 25 juta ke atas," jawab Thomas, pada kesempatan tersebut.

Merujuk pengumuman perkiraan harga yang baru saja disebutkan AHM hari ini, harga motor listrik itu berselisih hingga Rp 15 jutaan dari prediksi harga ketika ditanya Jokowi di IIMS 2023.

“Waktu kapan? Dulu itu Rp 25 juta ke atas, itu harga motornya saja. Kan harga baterai Rp 10 jutaan. Kita harapkan bisa memenuhi (syarat subsidi) biar lebih terjangkau,” ujar Thomas, kepada Kompas.com di sela-sela peluncuran Honda EM1 e: di ICE BSD City, Jumat (11/8/2023).

Baca juga: Pakai Mesin Diesel dan Bensin, Toyota Rangga Calon Angkot Masa Depan

Presiden Joko Widodo menyempatkan mampir ke booth PT AHM di IIMS 2023, sekaligus mencoba calon motor listrik perdana Honda EM-1 e: di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023)KOMPAS.com/Dio Dananjaya Presiden Joko Widodo menyempatkan mampir ke booth PT AHM di IIMS 2023, sekaligus mencoba calon motor listrik perdana Honda EM-1 e: di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023)

Bila benar motor listrik AHM bakal mendapatkan subsidi pemerintah, maka harga jualnya diperkirakan mulai Rp 33 jutaan sampai Rp 35 jutaan.

“Kita harapkan seperti itu. Nanti tunggu saja akhir tahun. Konsumen silakan coba dulu, kami mengutamakan kualitas dan daya tahan,” kata Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com