Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pengembangan Honda EM1 e:, Motor Listrik buat Jarak Dekat

Kompas.com - 11/07/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda EM1 e: bakal jadi skuter listrik penggunaan pribadi pertama Honda Motor, yang akan mulai dijual secara perdana di Jepang pada 24 Agustus 2023.

Sebelum waktu peluncurannya, prinsipal Honda menjelaskan proses pengembangan dan kira-kira siapa yang cocok menggunakan motor listrik EM1 e:.

Salah satu yang bertanggungjawab dalam pengembangan EM1 e: adalah Hajime Uchiyama, Chief Engineer dari Divisi Pengembangan Sistem, Unit Pengembangan dan Produksi Operasi Sepeda Motor dan Produk Listrik Honda Motor Co, Ltd.

Baca juga: Cerita Sebenarnya Soal Rossi Akhirnya Pensiun dari MotoGP

Motor listrik Honda EM1 e:Dok. Honda Global Motor listrik Honda EM1 e:

Uchiyama mulai mengerjakan pengembangan motor listrik, dimulai dengan GYRO e:, skuter listrik khusus penggunaan bisnis. Menurutnya, motor listrik EM1 e: sengaja dirancang buat penggunaan jarak dekat.

“Jarak berkendara yang kami maksud adalah 10 hingga 15 km (sekitar 6-9 mil) sekali jalan. Saat terisi penuh, EM1 e: memiliki jangkauan sekitar 40 km (sekitar 25 mil) di jalan-jalan kota,” ujar Uchiyama, dilansir dari laman Global Honda (11/7/2023).

“Sehingga harus memberikan jangkauan yang cukup bagi pengguna untuk pulang, bahkan jika mereka memutuskan untuk berhenti satu atau dua kali lagi,” kata dia.

Baca juga: Daftar Pelanggaran yang Diincar Selama Operasi Patuh Jaya 2023

Sebagai motor listrik, Honda EM1 e: memiliki keunikan dibandingkan motor bermesin konvensional, yaitu ketenangan.

“Tentu saja, perbedaan besar adalah model ini elektrik adalah tidak mengeluarkan gas buang. Selain itu, getaran yang lebih sedikit membuatnya lebih mudah dikendarai dan tidak terlalu melelahkan bagi pengguna, bahkan selama perjalanan yang lebih lama,” ucap Uchiyama.

Sementara itu, Kaori Goto, Assistant Chief Engineer dari Divisi Pengembangan Elektrifikasi Honda Motor Co, mengatakan, keunggulan EM1 e: terletak pada teknologi pengecasan Honda Mobile Power Pack (MPP).

Baca juga: Karoseri New Armada Merilis Bodi Sleeper Bus Perdana

Motor listrik Honda EM1 e:Dok. Honda Global Motor listrik Honda EM1 e:

“Semua motor listrik yang kami luncurkan sejak 2018 memiliki satu kesamaan. Mereka ditenagai oleh baterai swappable Honda Mobile Power Pack,” ujar Goto.

“Teknologi ini telah diterima dengan sangat baik di pasar, karena dengan mengisi baterai kedua terlebih dahulu, pelanggan dapat terus menggunakan motor tanpa menunggu saat baterai mereka diisi,” ucapnya.

Ia mengatakan, EM1 e: sengaja dirancang agar menjadi sarana transportasi yang nyaman dan cocok dipakai sehari-hari.

“Dari segi penggunaan, kami membayangkan orang menggunakannya untuk perjalanan jarak pendek seperti pergi ke sekolah, ke pekerjaan paruh waktu, atau ke stasiun kereta terdekat,” kata Goto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com