Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Motor Listrik Honda EM1 e:, Mau Dijual Rp 32 Jutaan

Kompas.com - 27/07/2023, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda Motor siap meluncurkan model kendaraan roda dua listrik pertamanya di Indonesia. Sebagai tahap awal, motor listrik ini dijadwalkan mulai dijual di Jepang pada akhir Agustus 2023.

Dilansir dari Nikkei (26/7/2023), Honda EM1 e: memiliki daya jelajah 53 Km dan bakal dijual 300.000 yen atau setara Rp 32 jutaan di Jepang.

Kabarnya, Honda akan merilis model motor listrik lain di Indonesia pada tahun ini, dan kemungkinan bakal ada dua lagi tahun depan.

Baca juga: Mitsubishi Pastikan Xpander Hybrid Meluncur Tahun Depan

Ilustrasi Honda EM1 e:KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda EM1 e:

Kendaraan roda dua listrik dari Honda yang akan diluncurkan di Indonesia mencakup model pengecasan, dan juga baterai yang dapat ditukar.

Seiring dengan kemunculan motor listrik, Honda juga tengah mempertimbangkan investasi pabrik baru di Indonesia.

Pada 2030, Honda berencana menjual 7 model motor listrik dengan target penjualan mencapai 1 juta unit secara global, di mana Indonesia diperkirakan bakal menyumbang 30 persen.

Baca juga: Bangkrut pada 1970-an, Merek Motor BSA Kembali ke Indonesia

Nikkei turut melaporkan, saat ini Honda menguasai pangsa pasar sepeda motor Indonesia pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2023, sebanyak 88 persen.

Sementara di urutan kedua ditempati Yamaha Motor, yang bila ditotal keduanya menguasai lebih dari 90 persen penjualan motor dalam negeri.

Meski begitu, pasar motor listrik Indonesia mungkin sulit ditembus oleh Honda. Walaupun merajai pasar sepeda motor berbahan bakar bensin, persaingan di sektor listrik semakin meningkat.

Seperti diketahui, kemunculan berbagai merek baru telah semakin menambah persaingan motor listrik di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com