Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indomobil Dipercaya Pegang Distribusi Great Wall Motor di Indonesia

Kompas.com - 07/07/2023, 17:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indomobil kembali menambah merek otomotif yang akan didistribusikan melalui jaringannya. Bersama dengan Inchcape, Indomobil akan mendistribusikan Great Wall Motor (GWM).

Untuk diketahui, Inchcape Plc, (Inchcape), yang merupakan distributor otomotif global, sudah mengumumkan kemitraan strategis global dengan Great Wall Motor Company Limited, salah satu perusahaan mobil Tiongkok terbesar.

Baca juga: Great Wall Motor Patenkan SUV Kotak Baru di Indonesia

Dalam kemitraan ini, Inchcape dan GWM akan mengembangkan area baru dalam kolaborasi stategis ini, baik di pasar di mana mereka telah memiliki kerjasama maupun peluang bagi Inchcape untuk mendistribusikan kendaraan GWM di pasar yang telah dijajaki oleh Inchcape.

Haval XiaolongDok. Carnewschina.com Haval Xiaolong

Pasar pertama tersebut adalah Indonesia, di mana Inchcape dan GWM telah menandatangani Perjanjian Distribusi. Dalam perjanjian tersebut, Inchcape akan memasarkan kendaraan merek GWM yang mencakup Haval, Ora, dan Tank, di Indonesia.

Clyde Cheng, Presiden Great Wall Motor ASEAN, mengatakan, Indonesia memegang peran penting dalam strategi GWM di ASEAN. Pihaknya sangat antusias untuk menjalin kemitraan dengan Inchcape, bergandengan tangan untuk menjangkau pasar Indonesia.

Baca juga: Diambil Alih Indomobil, Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang Tetap Beroperasi

"GWM sedang melakukan transformasi untuk menjadi perusahaan global yang berfokus pada teknologi energi baru yang pintar, dan kendaraan energi baru kami telah hadir di lebih dari 170 negara dan wilayah di seluruh dunia," ujar Clyde, dalam keterangan resminya.

Mobil listrik GWM OraDok. Ora Mobil listrik GWM Ora

Dalam pendistribusian ini, Inchcape akan melakukannya melalui unit usaha patungan dengan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. Dalam usaha patungan ini, Inchcape memegang 70 persen saham dan Indomobil memegang 30 persen saham.

Ruslan Kinebas, CEO Inchcape Asia-Pasifik, mengatakan, ini adalah contoh utama Inchcape menjadi distributor otomotif pilihan bagi mitra perusahaan mobilitas Inchcape.

"Saya berharap dapat menggabungkan keahlian lokal kami dengan kemampuan digital dan data terkemuka kami untuk mempercepat kinerja GWM, dan menegaskan kembali komitmen kami untuk memberdayakan mobilitas yang lebih baik di Indonesia," kata Ruslan.

GWM TankDok. GWM GWM Tank

Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil, mengatakan, GWM memiliki portofolio kendaraan listrik yang baik, yang akan mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong populasi Kendaraan Listrik di Indonesia.

"Keahlian kami di industri otomotif lokal akan memberikan dampak positif pada distribusi dan pengenalan kendaraan energi baru GWM di Indonesia," ujarnya.

Dengan bertambahnya tiga merek otomotif dari GWM, maka untuk mobil penumpang saat ini Indomobil memegang distribusi Audi Volkswagen, Nissan, Suzuki, Kia, Jaguar, Land Rover, Citroen, Mercedes-Benz, Haval, Ora, dan Tank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com