Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diambil Alih Indomobil, Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang Tetap Beroperasi

Kompas.com - 01/04/2023, 17:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indomobil Sukses Internasional Tbk bersama Inchcape Motors Private Limited resmi mengambil alih aktivitas bisnis dan perakitan merek mobil Meredes-Benz di Indonesia.

Langkah pengambil alihan dari PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia ini sebagai upaya prinsipal mengoptimalkan pasar di dalam negeri.

Meski begitu, perseroan memastikan jika proses tersebut tak akan mengganggu kegiatan produksi Mercedes-Benz di pabrik Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Mercedes-Benz Indonesia Resmi Diambil Alih Inchcape dan Indomobil Group

 

Setiap pabrik Mercedes-Benz akan dikelompokkan sesuai dengan platform dan arsitektur masing-masing model.Mercedes-Benz/Carscoop Setiap pabrik Mercedes-Benz akan dikelompokkan sesuai dengan platform dan arsitektur masing-masing model.

"Proses produksi pada pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, akan terus berjalan tanpa gangguan," kata Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars Matthias Lührs dalam keterangannya, Jumat (31/3/2023).

Seluruh karyawan dari manajemen yang lama, lanjut dia, juga akan tetap berkerja dan diberi kesempatan untuk berkerja di perusahaan saat ini di bawah kepemilikan yang baru.

Sehingga meskipun dalam jajaran puncak dan tubuh perusahaan mengalami perubahan, dipastikan layanan perusahaan tidak akan berdampak maupun melambat.

Pabrik Wanaherang sendiri, berdiri sejak 1978 yang dibangun di area seluas 42 hektar dan memperkerjakan sekitar 700 orang karyawan.

Di tempat inilah dirakit 6 tipe kendaraan penumpang Mercedes-Benz yakni C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE dan GLS. Lebih dari 70 persen kendaraan penumpang Mercedes-Benz yang terjual di Indonesia diproduksi di pabrik ini.

Baca juga: Alasan Honda Memilih Luncurkan Mobil Hybrid Dibanding Listrik

Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherangdok. Mercedes-Benz Indonesia Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang

Kemudian mulai 2017 perseroan mulai memproduksi truk Axor yang menunjukkan keterlibatan perusahaan Daimler AG untuk berinvestasi di Indonesia serta menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Pabrik Wanaherang merupakan bagian dari jaringan perakitan global Mercedes-Benz. Jaringan ini juga mencakup fasilitas produksi di India, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Brazil.

Di sejumlah lokasi tersebut, Mercedes-Benz memproduksi kendaraan di berbagai tingkat ekstensi untuk pasar lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com