Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Great Wall Motor Patenkan SUV Kotak Baru di Indonesia

Kompas.com - 26/12/2021, 16:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil sport utility vehicle (SUV) akan bertambah ramai pada 2022. Sejumlah nama baru pun bakal memperkenalkan diri guna mengisi ceruk industri otomotif roda empat di Tanah Air.

Salah satunya yakni Great Wall Motor (GWM) asal China yang bakal berjualan SUV model boxy alias berbodi mengkotak.

Hal ini terungkap dari Berita Resmi Desain Industri DJKI Kemenkumham Nomor 40/DI/2021 dengan nomor permohonan A00202102935.

Terlihat sebuah desain mobil SUV didaftarkan di bawah nama GWM. Meski tidak tertulis nama model mobil yang didaftarkan, kuat dugaan desain yang dipatenkan adalah Cyber Tank 300.

Baca juga: Motor Listrik Ovaobike CT-X, Tenaganya Saingi Nmax

Tangkapan layar desain industri yang diduga merupakan Cyber Tank 300 pada Berita Resmi Desain Industri DJKI Kemenkumham- Tangkapan layar desain industri yang diduga merupakan Cyber Tank 300 pada Berita Resmi Desain Industri DJKI Kemenkumham

Sepintas, mobil ini memiliki bahasa desain yang mirip Mercedes-Benz G-Class dipadukan dengan Ford Bronco, bernuansa SUV retro tapi diberi berbagai sentuhan modern.

Eksteriornya tampil mencolok dengan over fender serta lubang kap mesin yang besar. Bodi kit yang terpasang membuat Cyber Tank terlihat 'gemuk'. Hal yang unik, konde khas SUV jadul alih-alih didesain membulat justru dibentuk kotak.

Melihat laman resmi GWM, mobil SUV ini dibekali dengan mesin 4 silinder 2.0 liter dilengkapi turbo.

GWM Cyber Tank 300www.gwm-global.com GWM Cyber Tank 300

Dapur pacu ini lantas dikawinkan dengan sistem transmisi matik 8-percepatan. Seluruh tenaganya ditransfer ke setiap roda alias four-wheel drive (4WD).

Berdasarkan data, mesin tersebut mampu memproduksi tenaga sebesar 227 tk dengan torsi yang cukup galak, yakni 387 Nm.

Baca juga: Intip Garasi Motor Tua Milik Kolektor Asal Sukoharjo

Lantas bagian dalam kabin diberi dekorasi layaknya mobil mewah rakitan China pada umumnya dengan akses krom di beberapa tempat.

Interior Cyber Tank 300Great Wall Motor Interior Cyber Tank 300

Layar informasi mengemudi sudah digital dengan ukuran 12,3 inci. Sementara untuk fitur hiburan berupa layar sentuh 12,3 inci. Desain kisi-kisi AC nampak baru, terkesan berbeda dari mobil kebanyakan.

Secara konsep, desain interior terlihat mewah, tak kalah dengan layout mobil-mobil premium asal Eropa lainnya, yang juga sudah kaya dengan fitur serba elektrik.

Demikian juga dengan ragam teknologi keselamatan aktif yang disematkan pada Cyber Tank 300, bisa dibilang tak kalah dengan mobil-mobil Jepang.

Baca juga: Fortuner Legender Meluncur Awal Tahun 2022, Ini Bocoran Variannya

GMW Cyber Tank 300https://www.gwm-global.com/ GMW Cyber Tank 300

Mulai adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, Lane Keeping Assist, Traffic Congestion Assist, Door Open Warning, Front Collision Warning, Automatic Emergency Braking, hingga Pedestrian Detection.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com