Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Poles Motor dengan Cat Doff, Bisa Hilang Karakternya

Kompas.com - 09/05/2024, 10:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Finishing bodi motor saat ini ada dua, glossy dan doff. Memang untuk pilihan doff sedang jamak saat ini, menawarkan tampilan motor jadi lebih kekar dan garang, berkat cat yang tidak mengkilap.

Cuma, buat yang senang mencuci motornya sampai dipoles, perlu diperhatikan buat bodi yang doff. Memoles motor dengan bodi doff berbeda dari yang glossy, hasil akhirnya pun berbeda.

Noviandy Hermanto, Pemilik SCT Moto Detailng Ciekas X4 mengatakan, memoles motor dengan bodi doff sebenarnya sama prosesnya, cuma beda di alat dan cairan yang digunakan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Sering Fast Charging Bikin Baterai EV Cepat Rusak?

Detailing kebersihan motorSCT Detailing kebersihan motor

"Bedanya hanya di busa untuk poles. Kalau motor doff itu kita enggak bisa pakai yang terlalu kasar, nanti dia akan jadi glossy dan penampakan doff-nya hilang," kata pria yang akrab disapa Andy kepada Kompas.com, Rabu (8/5/2024).

Bodi motor kalau glossy dan dipoles, hasil akhirnya memang membuat tampilannya makin mengkilap. Berbeda dengan doff, tentu hasil yang diinginkan tetap kelihatan agak kasar, tapi tidak sampai yang mengkilap.

Baca juga: Bagnaia Mengomentari Regulasi Baru MotoGP 2027


"Motor doff yang sudah di nano coating, tetap kelihatan doff tapi agak sedikit wet look," kata Andy.

Selain itu saat dipoles, motor glossy bisa sampai tiga langkah. Sedangkan yang doff, umumnya hanya satu langkah saja, membuat prosesnya lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com