Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GWM Indonesia Kejar Produksi Lokal Tahun Ini

Kompas.com - 08/05/2024, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Great Wall Motors (GWM) Indonesia tengah berupaya untuk bisa memulai aktivitas produksi kendaraan pertamanya di fasilitas Mercedes-Benz Indonesia, di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat tahun ini.

General Manager GWM Indonesia, Constantinus Herlijoso menyampaikan, kegiatan ini ditargetkan bisa dilakukan pada semester kedua 2024. Sehingga, perusahaan dapat lebih cepat untuk melakukan penetrasinya di pasar nasional.

"Kepinginnya tidak lepas dari semester kedua tahun ini, ya," ucap Herlijoso di sela-sela Media Test Drive, Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024) malam.

Baca juga: Ajak Jalan-jalan Haval H6 HEV Keliling Jakarta

Haval H6 HEVKompas.com/Nanda Haval H6 HEV

Menariknya, bukan hanya mobil konvensional, brand premium asal China ini juga berencana akan merakit kendaraan listrik atau ramah lingkungan. Hanya saja dirinya belum dapat memastikan model yang dibuat.

Mengingat, usia GWM Indonesia di Tanah Air masih kurang dari tiga bulan. Merek ini baru melakukan peluncuran dua produk pertama sekaligus di Maret 2024 lalu dengan debut dalam gelaran BCA Expo.

"Pengennya ke lebih yang volume maker. Kalau dari positioning harga, larinya sih ke (Haval) Jolion karena jika harga mobil lebih affordable harusnya bisa menjangkau lebih banyak pasar. Tetapi tentunya kita akan evaluasi berkala," ucap Herli.

"Sekarang belum ditentukan," tegasnya lagi.

Baca juga: Simak Skema Cicilan Haval H6 HEV

GWM TankDok. GWM GWM Tank

Adapun saat ini, GWM Indonesia sudah memperkenalkan empat model sekaligus melalui pameran IIMS 2024, yaitu Tank 500 HEV, Haval H6 HEV, Haval Jolion, dan Ora.

Namun produk yang dijual, baru model paling atas yaitu Tank 500 HEV dan Haval H6. Masing-masing keduanya dibanderol 1,196 miliar serta Rp 595,8 on the road.

"Harusnya kalau sudah CKD (Completely Knocked Down alias rakit lokal) bisa lebih affordable, tapi kita lihat nanti," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com