Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2023, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana secara resmi merilis foto interior bus baru milik perusahaan otobus (PO) Maju Terus atau yang populer dengan sebutan Marus.

Sebelumnya, pada awal Mei 2023, melalui Instagram resminya @maju_terus_ptk, telah membocorkan bila telah meluncurkan satu unit bus anyar.

Hanya saja pada beberapa foto dan juga cuplikan video yang diunggah tidak mempublikasikan bagian interior atau kabin bus.

Sehingga, hanya terlihat bila bus baru milik PO yang beroperasi di wilayah Kalimantan Barat tersebut menggunakan bodi Legacy SR3+ Panorama. Lalu disebutkan bila bus bagian kabin bus dirancang untuk kelas Suite Class atau menjadi sleeper bus.

Baca juga: Truk Lawan Arah Akhirnya Mundur Dihadang Pengendara Motor

Untuk menjawab rasa penasaran para pecinta bus, Instagram @laksanabus mengunggah beberapa foto kabin dari bus baru PO Marus.

Interior bus dirancang dengan susunan bangku sleeper sehingga memungkinkan penumpang untuk rebahan dengan nyaman. Bangku terdiri dari dua dek dengan konfigurasi 1-1, alhasil setiap penumpang punya ruang privasi di kabin bus.

Bus baru PO Maju Terus Instagram @Laksanabus Bus baru PO Maju Terus

Lalu, setiap kursi penumpang juga dilengkapi dengan godeng di sisi kiri dan kanan. Agar penumpang lebih nyaman, masing-masing kursi juga terdapat lampu baca dan cup holder.

Bagi penumpang yang kebagian kursi di dek atas juga tak perlu khawatir, terdapat pijakan kaki dan tumpuan tangan untuk memanjat ke kursi dek katas dengan aman.

Kemudian, pada area paling belakang bus juga dilengkapi dengan satu unit toilet.
Adapun dapur pacu dari sleeper bus tersebut ditopang oleh Hino RM 280.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)


Baca juga: Target Konsumen Sedan Mewah BMW Seri 7 di Indonesia 

Bergeser ke tampilan eksterior, bus masih menggunakan DNA dari PO Maju Terus, yakni dibalut oleh kelir hijau stabilo.

Tidak ketinggalan livery garis kuning dan hijau tua yang menghiasi bodi samping hingga area bodi belakang.Uniknya, bila kebanyakan sleeper bus menggunakan model double glass, bus ini justru menggunakan model kaca tunggal atau single glass.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com