Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Anak Sekolah, PO Bus Belum Alami Lonjakan Pesanan Tiket

Kompas.com - 06/06/2023, 19:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


BOGOR, KOMPAS.com – Musim liburan semester genap tahun ajaran 2022/2023 bagi anak sekolah segera tiba. Tentunya bagi sebagian orang telah menyiapkan sederet persiapan untuk liburan, salah satunya bepergian menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Beberapa perusahaan otobus (PO) yang membuka pool keberangkatan bus AKAP dari Bogor juga telah bersiap menyambut momen libur sekolah.

Salah satunya pool dari PO Rosalia Indah yang berlokasi di Jalan Raya Tajur, Bogor saat ini tengah menunggu arahan dari kantor pusat apakah akan menaikkan harga tiket atau tidak dalam menyambut libur sekolah.

Baca juga: Yamaha Fazzio dan Vario 160 Sudah Ada Bekasnya, Harga Beda Tipis

“Sejauh ini penumpangnya masih stabil belum ramai. Tapi setiap tahunnya memang momen libur anak sekolah tidak akan terlalu melonjak seperti saat libur Lebaran,” kata Dinda salah satu petugas loket tiket PO Rosalia Indah cabang Bogor saat ditemui langsung oleh Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Menurut Dinda, bila secara angka ada kemungkinan jumlah penumpang saat libur anak sekolah akan naik lantaran situasi Covid-19 sudah membaik. Namun peningkatan tersebut tidak terlalu signifikan.

“Untuk tujuan atau trayek favorit penumpang kalau dari pool Rosalia Indah Bogor ini adalah ke Yogya apapun momennya. Yang jelas saat ini kami masih melayani tiket penumpang untuk keberangkatan biasa belum untuk momen liburan anak,” kata Dinda.

Bus Lorena dan Karina Double DeckerStanly/KompasOtomotif Bus Lorena dan Karina Double Decker

Tidak jauh dari sana, PO Lorena dan PO Karina untuk pool dari Bogor juga masih belum ada tanda-tanda lonjakan pembelian tiket bus untuk momen liburan anak sekolah.

Sekadar informasi, PO Lorena dan PO Karina merupakan perusahaan yang berada di grup yang sama namun berbeda PT. Alhasil lokasi pool dari kedua PO tersebut berada di satu tempat.

Mengenai apakah akan ada kenaikkan harga tiket saat momen liburan sekolah, salah satu petugas loket tiket bus Lorena dan Karina mengatakan bila hal tersebut masih menunggu keputusan dari marketing.

Bus tingkat PO Harapan Jaya jurusan Jakarta-SoloKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus tingkat PO Harapan Jaya jurusan Jakarta-Solo

Baca juga: Pilihan Sewa Bus Kecil buat Liburan Sekolah, Ada TRAC dan Big Bird

“Biasanya setiap tahun saat liburan anak sekolah itu tidak ramai yah untuk bus Lorena atau Karina. Penumpang itu biasanya ramai saat libur mudik Lebaran,” kata petugas loket tiket bus PO Lorena dan Karina saat ditemui langsung oleh Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Masih dari pool bus yang ada di Bogor, kali ini PO Harapan Jaya. Pool bus yang berada di Ciawi tersebut juga belum menerima lonjakkan pemesanan tiket terkait momen libur anak sekolah.

“Untuk volume penumpang masih seperti biasanya belum ada peningkatan karena libur sekolah juga masih belum mulai,” kata salah satu Agen PO Harapan Indah kepada Kompas.com.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com