Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Motor Bekas yang Harganya Stabil

Kompas.com - 06/06/2023, 19:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Sepeda motor bekas memang bisa menjadi pilihan orang yang mencari dengan budget terbatas. Selain itu, beli unit bekas juga bisa lebih praktis, tinggal pakai tanpa harus tunggu pelat nomor turun.

Kalau dilihat ke pasaran motor bekas, ada beberapa model motor yang harga pasarannya stabil. Kebanyakan motor tersebut merupakan model skutik, tapi ada juga motor kopling sampai matik premium.

Misal seperti yang dikatakan salah satu penjaga diler motor UJG Mokas di Bogor. Model motor yang paling stabil harganya bisa dilihat pada Vario, terutama yang model 125cc sampai 150cc.

Baca juga: Begini Cara Hemat Beli Sepeda Motor Listrik

Ilustrasi motor bekasKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ilustrasi motor bekas

"Vario 125 lansiran 2014-2015 sekarang Rp 13,5 juta, tergantung modal. Banyak juga yang cari 2015-2017, yang sudah LED," kata penjaga tersebut kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Bahkan, ketika redaksi datang ke diler tesebut, ada Vario 125 2015 yang dijual Rp 15 juta nego. Padahal, motor tersebut sudah jalan lebih dari 60.000 Km.

"Pemakai aja jual di Rp 10 juta sampai Rp 10,5 juta, tergantung bodinya. Kalau yang sudah tinggal pajang, paling Rp 11 juta sampai Rp 11,5 juta," kata penjaga diler tersebut.

Baca juga: Ketahui Interval Ganti Air Radiator Mobil Secara Rutin

Produk skutik Honda juga dibilang punya harga yang stabil di pasar motor bekas. Seperti yang dikatakan Yosia Hermanto, pemilik diler motor bekas Talenta Motor di kawasan Palmerah, Jakarta Barat.

"BeAT meskipun sudah tahun berapa, harganya segitu-segitu saja, kalau ada penurunan juga enggak banyak. BeAT 2020 pasarannya masih tinggi, di bawah Rp 15 juta, Rp 14 juta juga masih berani (jual)," kata Yosia.

Motor lain yang harga bekasnya stabil adalah motor dengan mesin dua tak. Yosia memberi contoh Kawasaki Ninja, apalagi yang klasik atau lansiran lama.

"Motor dua tak juga sekarang harganya di luar pasaran, semau dia aja, kayak Ninja, harganya sudah bisa Rp 20 juta lebih, apalagi model Ninja old, itu lebih mahal," kata Yosia.

Begitu juga untuk Vespa matik, skutik yang cukup ramai ditemui di jalanan ini punya harga seken yang stabil. Contoh seperti di diler Yosia, Vespa Matik lansiran 2018 masih laku dijual Rp 40 jutaan.

"Barunya kan hampir Rp 50 juta, dijual Rp 40an juta masih laku. Vespa dua tak lebih mahal lagi," kata Yosia.

Kalau bahas motor skutik punya harga jual yang stabil, bisa saja penyebabnya karena permintaan yang banyak. Berbeda dengan motor dua tak atau Vespa yang bisa mengacu ke prestis sampai investasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com