Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Fazzio dan Vario 160 Sudah Ada Bekasnya, Harga Beda Tipis

Kompas.com - 06/06/2023, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Beberapa motor baru yang meluncur di 2022 terutama skutik sudah bisa ditemui di diler motor bekas. Menariknya, harga yang ditawarkan lebih mahal sedikit daripada beli baru di diler.

Redaksi menemukan satu unit Yamaha Fazzio lansiran 2022 di salah satu diler motor bekas di daerah Bogor. Motor tersebut dikelir merah dan tampak masih segar tampilannya.

"Fazzio dijual Rp 23,5 juta. Kita hari ini ada stok satu, kemarin ada warna hijau baru keluar, dia cepat juga terjual. Semuanya sudah ready," kata penjaga diler Firza Motor di Bogor kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Baca juga: Beli Pelek Motor Bekas, Terlihat Mulus Belum Tentu Bagus

Ilustrasi motor bekasKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ilustrasi motor bekas

Selain itu, di diler yang sama juga sudah dipamerkan motor baru Honda yang rilis di awal 2022, yakni Vario 160. Skuter matik dengan mesin 157cc tersebut dijual dengan banderol serupa dengan yang baru.

"Enggak beda jauh harganya, tahun muda. Vario 160 itu tahun 2022 dijual Rp 26,5 juta. Ada saja yang jual, kita berani angkat karena masih baru," kata penjaga Firza Motor.

Pada diler yang berbeda, masih di daerah Bogor, tersedia juga Vario 125 lansiran 2022. Skutik tersebut lumayan dicari, bahkan harganya masih terbilang tinggi, mirip dengan yang baru.

Baca juga: Cek Kondisi Mobil Seken Cukup Lihat Tutup Radiatornya, Benarkah?

"Vario 125 2022, dijual Rp 25,5 juta, motor jarang dipakai Km baru 1.000," kata penjaga diler UJG Motor.

Padahal kalau dicek ke situs resmi Yamaha dan Honda, harga baru dari Fazzio, Vario 160 dan 125 masih dekat dengan harga bekasnya. Misal Fazzio mulai Rp 22,65 juta, Vario 125 dijual Rp 22,5 juta dan yang 160 harganya Rp 26,5 juta.

Memang, kalau dicek harga motor baru di daerah Bogor, biasanya ada selisih sekitar Rp 1 juta. Artinya, sama saja harga yang ditawarkan diler motor bekas dengan yang ada di kebanyakan diler motor baru.

Berbeda halnya dengan diler motor bekas Talenta Motor di daerah Palmerah, Jakarta Barat. Stok motor keluaran paling baru atau tahun 2022 masih kosong.

"Fazzio lagi kosong, agak susah, barangnya langka dan jarang yang jual. Biasa masih baru, mungkin jualnya masih sayang, di jalan ada tapi enggak seramai BeAT, Vario," kata Yosia Hermanto, pemilik Talenta Motor.

Bisa dilihat juga, harga motor bekas yang lebih tinggi atau sama dari motor baru bisa dikarenakan permintaannya yang banyak. Selain itu, ada juga kemudahan saat beli motor bekas, yakni pelat sudah ready, motor tinggal dibawa saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com