Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Sewa Bus Kecil buat Liburan Sekolah, Ada TRAC dan Big Bird

Kompas.com - 06/06/2023, 15:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebentar lagi anak sekolah akan memasuki musim liburan semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Tentunya momen tersebut merupakan hal yang paling ditunggu untuk bepergian atau liburan bersama keluarga. Bagi yang ingin liburan ala road trip tanpa menyetir kendaraan sendiri tidak ada salahnya memanfaatkan jasa penyewaan mikro bus.

Kini ada berbagai perusahaan otobus(PO) yang menyediakan penyewaan mikro bus untuk menemani perjalanan liburan keluarga.

Misalnya seperti TRAC dan Big Bird yang juga menyediakan berbagai fasilitas penyewaan mikro bus untuk ke beberapa tempat liburan.

Baca juga: Bikin Bingung, Ini yang Terjadi kalau Mobil Pakai Lampu Rem Modifikasi

Berikut beberapa PO yang menawarkan penyewaan mikro bus dengan keunggulannya masing-masing :

1. TRAC

Layanan penyewaan kendaraan di bawah naungan Astra tersebut juga menyewakan jenis mikro bus. Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan perusahaan saja, penyewaan tersebut juga bisa digunakan untuk kebutuhan penumpang dalam skala kecil. Maka dari itu penyewaan bus kecil dari TRAC bisa dipilih untuk liburan keluarga.

Berdsarkan pantauan Kompas.com pada aplikasi TRAC, untuk unit minibus yang ditawarkan ialah Toyota Hiace kapasitas 13 penumpang dan Small Bus Jumbo kapasitas 16 penumpang.

Untuk tarif penyewaan mkro bus dari TRAC tergantung dari lokasi keberangkatan, lokasi tujuan, dan jumlah hari. Pada aplikasi tersebut Kompas.com mencoba melakukan pendaftaran untuk perjalanan 2 hari dari Jakarta menuju Bandung.

Hiace milik TRACTRAC Hiace milik TRAC


Bila menggunakan Toyota Hiace dibanderol Rp 3.997.000. Harga tersebut telah termasuk BBM, asuransi dan juga sopir.

Untuk biaya tol, tiket masuk ke area tempat wisata dan juga parkir akan ditanggung oleh penyewa. Untuk fasilitas bus yakni AC, palu pemecah kaca, P3K dan sabuk pengaman.

Sementara itu untuk Small Bus Jumbo dikenakan tarif Rp 4.198.000 yang sudah termasuk BBM, asuransi dan juga sopir. Sama seperti Toyota Hiace untuk biaya tol, tiket masuk ke area tempat wisata dan juga parkir akan ditanggung oleh penyewa. Kendaraan tersebut dilengkapi  TV, AC, palu pemecah kaca, P3K, karaoke, port charger, seat belt dan P3K.

Baca juga: Modifikasi Yamaha XSR900 dari Velocity Moto, Jadi Tampilan Retro

2. Big Bird

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bigbird Bus | Bluebird Group (@bigbird.idn)


Perusahaan yang berada di bawah naungan Blue Bird tersebut juga menyediakan penyewaan mikro bus. Layanan bus kecil dari Big Bird juga menyediakan dua jenis yakni bernama Delta dan juga Charlie.

Untuk Delta menggunakan jenis Elf kapasitas 10 penumpang dengan model kursi reclining seat, dilengkapi dengan satu unit TV LED dan DVD player, AC, palu pemecah kaca dan P3K.

“Perjalanan dari Jakarta ke Bandung PP 2 hari untuk Elf 10 kursi penumpang yaitu Rp 3.940.000. Tarif sudah termasuk BBM dan sopir. Namun di luar tol dan parkir,” kata salah satu agen Big Bird kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Minibus milik Big BirdBig Bird Minibus milik Big Bird

Sementara itu, untuk Hiace dengan rute perjalanan dan durasi waktu yang sama dibanderol Rp 2.140.000. Mini bus tersebut bisa menampung 14 penumpang, dilengkapi dengan AC, TV LED dan DVD player, AC, palu pemecah kaca dan P3K.

Tarif sudah tersebut sudah termasuk BBM dan sopir. Namun untuk tarif tol dan parkir ditanggung penyewa.

“Nantinya selama masa penyewaan bus akan mengantarkan penumpang ke tempat-tempat yang ingin dituju saat liburan di wilayah tujuan. Penyewa tinggal membuat list tempat yang ingin disinggahi, maka sopir akan mengantarkan ” kata agen Big Bird.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com