Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Langsung Proses Pembuatan Toyota GR Yaris

Kompas.com - 06/06/2023, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR Yaris merupakan salah satu mobil yang diburu para kolektor. Sebab, mobil ini juga diproduksi secara terbatas. Pembuatannya bisa disaksikan langsung melalui tayangan video.

Pada video yang diunggah oleh akun YouTube Frame, terlihat GR Yaris dibuat mulai dari lempengan logam hingga menjadi mobil yang utuh dan bisa dikendarai.

Baca juga: Toyota GR Yaris Concept Bergaya Reli Mejeng di Tokyo Auto Salon 2023

GR Yaris dibuat di pabrik Toyota GR Factory yang berlokasi di Mitomachi, Toyota City, di Jepang. Pabrik tersebut juga memproduksi GR Corolla.

Proses pembuatan Toyota GR Yaris di GR FactoryDok. Carbuzz.com Proses pembuatan Toyota GR Yaris di GR Factory

Dikutip dari Carbuzz.com, Selasa (6/6/2023), GR Factory menjadi pabrik yang khusus untuk memproduksi mobil-mobil Toyota berperforma tinggi.

Uniknya, pabrik ini memiliki sistem perakitan tanpa konveyor bersama dengan robot dan automated guided vehicles (AGV) untuk memastikan produksi kendaraan yang presisi.

Baca juga: Review Singkat Toyota GR Yaris Berbahan Bakar Hidrogen

Terlepas dari penggunaan teknologi yang modern, GR Factory mempekerjakan banyak orang-orang terbaik di bidangnya.

Menurut Toyota, pabrik yang dibangun khusus untuk membuat satu mobil tertentu bisa lebih menghargai kualitas dibandingkan kuantitas dalam hal produksi kendaraan.

Konsep seperti itu diterapkan pada produksi Toyota GR Yaris untuk memastikan dan menjaga kualitasnya.

Proses pembuatan Toyota GR Yaris di GR FactoryDok. Carbuzz.com Proses pembuatan Toyota GR Yaris di GR Factory

Dalam video tersebut juga terlihat bahwa GR Yaris menggunakan rangka baja dan aluminium berkekuatan tinggi yang dirakit oleh robot. Namun, produsen mobil asal Jepang itu tetap lebih memilih bagian-bagian tertentu dari GR Yaris dilas secara manual oleh tenaga ahlinya.

Pabrik Toyota GR juga menggunakan teknik pengikatan canggih di mana panel aluminium dan serat karbon ditambahkan ke sasis. Perekat struktural khusus diterapkan pada bodi GR Yaris, yang berfungsi sebagai perekat yang mengamankan kaca. Perekat khusus ini membantu meningkatkan kekokohan bodi GR Yaris.

Toyota GR YarisDok. Carbuzz.com Toyota GR Yaris

Setelah mobil mencapai akhir jalur perakitan, tim pekerja terampil Toyota melakukan inspeksi. Proses ini untuk melihat jika ada cacat selama proses produksi, dan ini juga saat pemeriksaan cat kendaraan.

Tahap terakhir adalah menjalani tes jalan terakhir di trek khusus. Hatchback ini dibekali dengan mesin 1.6 L, 3-silinder, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 268 tk.

GR Yaris juga pernah dipasarkan di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Penjualannya cukup unik, karena menggunakan proses undian. Selain itu, jumlahnya juga hanya 125 unit.

Selain GR Yaris, dalam video tersebut juga diperlihatkan proses pembuatan Honda Civic Type R.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com