Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Corolla Altis GR Sport Finis Balap Ketahanan di Nurburgring

Kompas.com - 30/05/2023, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Corolla Altis GR Sport menunjukkan ketangguhannya dengan berhasil finis di 51st ADAC TotalEnergies 24h Nurburgring. Bersama Toyota Gazoo Racing Team Thailand, dua Corolla Altis GR Sport finis posisi pertama dan kedua di kelas SP3.

Dikutip dari siaran resmi di laman Toyota Thailand, mobil balap Corolla Altis GR Sport ini berhasil menuntaskan 126 lap dengan catatan waktu terbaik di 10 menit 8,950 detik, menempuh total 3.180 Km.

Keikutsertaan Corolla Altis GR Sport di balapan ketahanan 24 jam Nurburgring ini membuktikan kekuatan mobil produksi Toyota di Thailand. Bahkan dari 131 mobil balap, Corolla Altis GR Sport jadi pemenangnya.

Baca juga: Banderol Mobil Hybrid Awal 2023, Harga Altis, Camry, dan C-HR Naik

Corolla Altis GR Sport yang dibawa Toyota Gazoo Racing Team Thailand balapan ketahanan 24 jam di NurburgringTOPGEAR VIETNAM Corolla Altis GR Sport yang dibawa Toyota Gazoo Racing Team Thailand balapan ketahanan 24 jam di Nurburgring

Dua mobil sedan Toyota ini memasuki kelas Super Production 3 (SP3), satu nomor start 119 (Suthipong Samitchart - Nattawut Charoensukhawatana - Nattapong Hodthong and Manat Kula Palanont) dan mobil 120 (Chen Jian Hong - Karn Supapong - Naoki Kawamura and Krit Wasurat).

Dikutip dari TopGear Vietnam, balapan tahun ini bukan kali pertama Corolla GR Sport mengikuti balapan ketahanan di Nurburgring. Bahkan, Altis GR Sport sudah jadi juara di kelasnya empat tahun berturut-turut.

Pada tahun ini, mobil nomor 119 menjadi pemenangnya. Dari foto yang diunggah, terlihat banyak battle scar atau luka saat balapan yang dialami, seperti spion yang ditahan dengan lakban, begitu juga di bumper depan.

Baca juga: Akibat Lupa Tarik Rem Tangan, Mobil Mercedes-Benz Terjun ke Sungai


Sedangkan untuk Corolla GR Sport nomo 120 terlihat lebih bersih dan berhasil finis posisi kedua di kelas SP3. Selama balapan, tidak tampak adanya kerusakan secara mekanis dari kedua mobil, sangat kuat.

Soal spesifikasi, Corolla Altis GR Sport yang digunakan seperti yang dijual di Thailand. Cuma tentunya ada berbagai ubahan agar mobil bisa dipakai balap, dari sektor mesin, transmisi, sampai bodi dan tambahan lampu untuk balap saat gelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com