Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Cuek, Segera Ganti Kaca Helm jika Sudah Banyak Goresan

Kompas.com - 30/05/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor harus senantiasa menjaga dan memantau kondisi helm, karena ada beberapa jenis kerusakan yang sebaiknya langsung ditangani dan tidak disepelekan.

Salah satu kerusakan yang dimaksud, yaitu lecet-lecet pada bagian visor alias kaca helm. Walau terkesan sepele dan nampaknya hanya masalah minor, hal itu berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Johannes Cokrodiharjo, Technical Director NHK menjelaskan, kaca helm yang dipenuhi baret bisa sangat menurunkan jarak pandang dan menimbulkan efek pendar.

“Visibilitas (jarak pandang) saat naik motor itu satu hal yang tidak boleh dikompromikan. Pengendara harus punya pandangan jelas selama di jalan,” ujarnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Beli Motor Listrik, Pilih Baterai Cabut atau Tanam?

Tampak dalam visor helm yang penuh goresan, cahaya jadi pendar dan lebih menyilaukanKOMPAS.com/daafa Tampak dalam visor helm yang penuh goresan, cahaya jadi pendar dan lebih menyilaukan

Bila digunakan saat pagi hari dan cuaca cerah, lecet pada visor mungkin tidak akan begitu terasa. Masalah baru muncul saat berkendara pada malam hari.

Sorot lampu kendaraan dari arah berlawanan bisa seolah menyebar di kaca helm yangh penuh baretan. Hal ini biasanya nampak seperti pola bintang bagi pengendara.

“Intensitas lampu bisa lebih silau dan cahayanya seolah dua kali lebih terang. Ini memang ada teorinya, karena lecet-lecet di permukaan helm bikin efek pendar,” ujar Johannes.

Jika silau tak tertahankan, pengendara bisa saja mengalami temporary blindness (buta sesaat) yang beresiko menimbulkan kecelakaan.

Baca juga: Kreator Konten Digeruduk Massa, Pengamat Sebut Negur Pemotor Mesti Sopan

Pemasangan visor helm baruKOMPAS.com/daafa Pemasangan visor helm baru

Oleh karenanya, Johannes sangat menganjurkan pengguna untuk mengganti kaca helm saat baret sudah terlalu banyak. Selain membuat helm nampak lebih segar, hal ini juga jauh lebih aman.

“Enggak perlu beli helm baru, cukup beli visornya saja.Harganya pasti jauh lebih murah dan efeknya akan lebih aman,” kata dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com