Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Kaprah Fungsi Sabuk Pengaman pada Mobil

Kompas.com - 30/05/2023, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman atau seat belt merupakan salah satu fitur keselamatan paling standar yang kini ditemui pada semua jenis mobil.

Komponen ini berfungsi untuk menahan badan agar tidak terempas dari tempat duduk saat terjadi kecelakaan.

Salah satu akun Instagram bernama @akihiro_drivin_skills, belum lama ini menunjukan fungsi lain dari sabuk pengaman mobil. Jadi ada kondisi di mana sabuk pengaman digunakan sebagai alat bantu mempermudah pengemudi mendorong saat mobil mogok.

Baca juga: Kreator Konten Digeruduk Massa, Pengamat Sebut Negur Pemotor Mesti Sopan

Dalam rekaman tersebut, terlihat pria yang mengenakan kemeja berwarna abu-abu mengeluarkan sabuk pengaman dan menariknya sejauh mungkin, lalu menutup pintu mobil.

Sabuk pengaman tersebut kemudian dipasangkan di bahu. Dengan cara tersebut, pemilik kendaraan diklaim bisa lebih mudah mendorong mobil yang mogok seorang diri.

Selain itu, dalam video tersebut juga dijelaskan tips membeli mobil bekas dengan cara mengecek sabuk pengaman. Pada sabuk pengaman biasanya terdapat tanggal dan tahun produksi, di mana tanggal dan tahun tersebut biasanya akan sama dengan tahun produksi yang terdapat pada bodi mobil.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Akihiro Takahashi (@akihiro_driven_skills)

Namun jika tidak sesuai, artinya mobil pernah mengalami kecelakaan parah yang membuat sabuk pengaman harus dilakukan penggantian.

Berkaca dari unggahan tersebut, mendorong mobil dengan memanfaatkan sabuk pengaman memang bisa dilakukan namun hal ini tidak direkomendasikan.

“Menarik mobil pakai safety seperti di video tersebut bisa merusak holder atau safety belt itu sendiri. Karena safety belt bukan hanya sekadar sabuk, namun ada parts retarded roll, bracket dan lain-lain, jadi tidak direkomendasikan,” ucap Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/5/2023).

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Mazda MX-5 RF 2022 di Jalan Perkotaan

Selain itu menurut Bambang, masing-masing komponen dibuat sebelum kendaraan dirakit secara lengkap di pabrik. Sehingga bisa saja tanggal dan tahun yang tercantum pada komponen dan kendaraan berbeda.

“Untuk hal ini, (tanggal) komponen akan lebih lama dibanding kendaraannya. Karena masing-masing komponen dibuat sebelum kendaraan dirakit secara lengkap di pabrik bukan hanya safety belt namun juga yang lain misalnya aki, ban, alternator, steering dan lain-lain,” kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com