Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Knalpot Motor Bisa Keluar Api Itu Berbahaya!

Kompas.com - 24/05/2023, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa modifikasi pada motor bisa sangat berbahaya jika dilakukan. Salah satunya seperti pada video viral belum lama ini, di mana knalpot motor bisa mengeluarkan api yang besar.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo. Dalam tayangan tersebut, terlihat motor sudah dimodifikasi bagian knalpotnya. Lalu, disulut sesuatu hingga mengeluarkan api yang besar.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, tindakan dalam video tersebut sebaiknya tidak dicontoh. Sebab, bukan saja membahayakan diri sendiri tetapi juga membahayakan orang lain.

Baca juga: Diduga karena Knalpot Bising, Pengendara Motor Dihakimi Oknum Berbaju Oranye

"Seharusnya, mereka paham bahwa sepeda motor dibuat untuk alat transportasi. Sehingga, mengerti bagian-bagian mana saja yang boleh dimodifikasi," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Fakta Indo | Berita Indonesia (@fakta.indo)

Agus menambahkan, video tersebut membuktikan bahwa memang tingkat kecerdasan dan pendidikan seseorang bisa diukur. Sebab, bagi orang-orang yang berpikir cerdas tidak akan mungkin melakukan hal tersebut.

"Apabila tiba-tiba api menyambar ke bagian tangki bensin, tentu potensi bahayanya jadi lebih besar. Kemungkinan akan kehilangan motor akibat terbakar," kata Agus.

Baca juga: Kenali Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap

"Bukan itu saja, mungkin jika mengenai pengguna jalan sekitar tentu akan menjadi masalah yang lebih rumit. Selain biaya, tentu ada potensi pelanggaran hukum, memang memodifikasi kendaraan diperbolehkan namun perlu diingat juga tingkat keselamatannya. Jika membahayakan sebaiknya jangan modifikasi sepeda motor," ujarnya.

Modifikasi knalpot sepeda motor bisa mengeluarkan apiDok. @fakta.indo Modifikasi knalpot sepeda motor bisa mengeluarkan api

Dadan Danil, Technical Training Staff 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, aksi tersebut bisa membuat motor mengalami kerusakan.

"Kalau sampai digas pol, takutnya mesinnya 'jammed'. Selain itu, motor juga bisa terbakar," ujar Dadan.

Jika tidak terbakar pun, menurutnya, komponen motor lainnya yang terbuat dari material plastik juga bisa meleleh, seperti mika lampu sein, lampu belakang, hingga bagian joknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com