Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Latto-latto Masuk Knalpot Motor, Efeknya Bisa Merusak Motor

Kompas.com - 05/02/2023, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video unik tersebar di media sosial, knalpot motor yang sedang parkir dimasukkan latto-latto. Kejadian tersebut diunggah akun si_bontot27 ke Instagram dan sudah disukai 18.160 kali.

Pada video tersebut, Yamaha Aerox sedang dipanaskan di teras rumah. Namun ketika mesin menyala, suaranya agak aneh, seperti tersumbat, walau sudah diganti knalpotnya dengan tipe racing.

Tidak berselang lama, keluar latto-latto dari lubang knalpot tersebut, terlempar cukup jauh. Setelah keluar, suara knalpot kembali normal.

Baca juga: Mitos atau Fakta Knalpot Menembak Tanda Mobil Kencang?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by R-aden Syahid (@si_bontot27)

 

Mengenai kejadian tersebut, Wahid Hidayatuloh, pemilik dari Bengkel Tiga Putri Motor di Bogor mengatakan, menutup lobang knalpot bisa menyumbat gas buang dan mengakibatkan mesin macet.

"Kalau misalkan tersumbat, maka aliran sirkulasi oli mesin tidak normal. Penyumbatan ini bisa menyebabkan kerusakan fatal di bagian piston, cylinder dan part di bagian head cylinder," ucap Wahid kepada Kompas.com, Minggu (5/2/2023).

Baca juga: Mobil Hilang di Parkiran Hotel, Apakah Bisa Diganti Rugi?


Tentu ketika mesin menyala, ada gas yang seharusnya dibuang lewat knalpot. Tapi jika tersumbat, maka udara yang harusnya keluar tadi bisa masuk lagi ke ruang mesin.

"Walaupun mesin nyala, tapi tidak akan normal dan pastinya mati-matian. Ujungnya rusak," ucap Wahid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com