Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta Knalpot Menembak Tanda Mobil Kencang?

Kompas.com - 28/12/2022, 11:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Sering kita lihat di media sosial pertunjukan mobil balap yang bisa menembak, seperti mengeluarkan bola api kecil diikuti suara keras dari knalpot. Pertunjukan itu nampak keren, dan kemudian diikuti oleh para pemilik pribadi. Biasanya anak muda!

Lantas, apa benar knalpot yang bisa mengeluarkan api atau menembak itu merupakan tanda mobil kencang?

Baca juga: Ini Penyebab Keluarnya Asap Putih dari Knalpot Mobil

Dua mobil sport Toyota GR 86 dan GR Supra lakukan aksi burnout di Malang, Jawa TimurKOMPAS.com/Nugraha Dua mobil sport Toyota GR 86 dan GR Supra lakukan aksi burnout di Malang, Jawa Timur

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio mengatakan, fenomena knalpot menembak yang terjadi pada mobil balap sport dan mobil harian, merupakan dua kondisi yang berbeda.

“Kalau knalpot menembak yang terjadi pada mobil sport itu adalah dampak yang dihasilkan dari kerja turbo lag dan besarnya tenaga mesin, sedangkan untuk mobil-mobil yang tidak dilengkapi turbo dan peruntukannya harian, knalpot menembak justru sebaliknya,” ucap Rio kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan, knalpot menembak itu istilahnya back fire, yaitu sebuah ledakan yang terjadi area saluran buang akibat bahan bakar yang masih tersisa.

Baca juga: Alasan Kenapa Keluar Asap Putih dari Knalpot Mobil Saat Hujan?

Mobil sport kompak yang rencananya akan diproduksi Toyota, Suzuki, dan DaihatsuDok. Forbes.com Mobil sport kompak yang rencananya akan diproduksi Toyota, Suzuki, dan Daihatsu

“Jika back fire ini terjadi pada mobil-mobil harian, ini justru merugikan karena itu berarti telah terjadi pengapian yang tidak tepat, ini bakal membuat konsumsi bahan bakar boros,” ucap Rio.

Dia mengatakan ledakan hasil pembakaran seharusnya bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil, atau menjadi tenaga. Tapi karena pengapian yang tidak pas, ledakan malah terjadi di luar sehingga tidak akan menghasilkan tenaga.

Back fire terjadi karena katup buang dalam kondisi terbuka saat bahan bakar meledak, ini akan membuat gaya dorong berkurang, karena justru ada bocoran ke arah knalpot, ini yang menyebabkan suara tembakan,” ucap Rio.

Baca juga: Mobil Mesin Diesel Keluar Asap Hitam dari Knalpot, Pertanda Apa?

Toyota GR 86 jadi mobil sport terbaru di Indonesia dijual dalam terbatas.KOMPAS.com/Dio Toyota GR 86 jadi mobil sport terbaru di Indonesia dijual dalam terbatas.

Sedangkan di mobil sport yang dilengkapi turbo, ada komponen yang memang bisa menyebabkan back fire.

“Komponen tersebut anti turbo lag, yang sengaja dipasang pada mobil-mobil sport atau lebih tepatnya pada mesin turbo, tujuan sebenarnya untuk mengisi tenaga ketika mesin masih dalam putaran rendah,” ucap Rio.

Dia mengatakan turbocharger memang membutuhkan dorongan gas buang untuk memutar turbin, sehingga ketika putaran mesin masih rendah sering terjadi turbo lag, atau tarikan mesin malah ngempos.

Baca juga: Selain Ditilang, Ini Ruginya Aplikasi Knalpot Racing pada Motor

“Dengan anti turbo lag ini, maka tarikan awal mesin turba tetap baik, karena ada komponen tambahan yang bakal memutar turbin lebih kencang meski gas buang masih pelan, nah ini akan membuat turbin pada saluran masuk tetap berputar kencang saat pedal gas dilepas,” ucap Rio.

Dia mengatakan putaran turbin yang masih kencang saat pedal gas dilepas itu akan membuat back fire atau ledakan di luar.

“Saat pedal gas dilepas, troutle dalam kondisi tertutup tapi turbin masih tetap berputar dampak dari besarnya tenaga mesin, akhirnya terjadi ledakan di luar, bahkan bisa saha menghasilkan api,” ucap Rio.

Baca juga: Benar atau Tidak Ganti Knalpot Racing Bikin Mobil Boros BBM?

Namun, Rio mengatakan untuk api yang menyembur dengan durasi panjang pada mobil-mobil sport itu hanya tambahan saja.

“Untuk api yang menyembur dalam durasi panjang, itu ada komponen tambahan, ada tombol yang bisa menyemburkan gas sehingga akan membuat knalpot mengeluarkan semburan api, itu hanya variasi” ucap Rio.

Jadi, anggapan knalpot yang bisa nembak-nembak sebagai mobil kencang itu kurang tepat, karena justru itu wujud terbuangnya tenaga saat terjadi pembakaran pada mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com