Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Seorang Ibu Kecelakaan Motor akibat Pintu Mobil Dibuka Sembarangan

Kompas.com - 23/05/2023, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berhenti di pinggir jalan, pengemudi mobil sering kali kurang hati-hati saat membuka pintu. Biasanya tanpa memperhatikan kondisi lalu lintas atau kendaraan lain di sekitar.

Akibat membuka pintu mobil yang tidak hati-hati ini sering memicu terjadinya kecelakaan.

Seperti salah satu contoh video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, Senin (22/5/2023). Dalam rekaman itu, terlihat sepeda motor yang dikendarai wanita terjatuh akibat menabrak pintu mobil yang dibuka tiba-tiba.

Baca juga: Biasakan Cek Tekanan Udara Ban, Bisa Menghemat BBM Motor

Padahal, seharusnya kejadian semacam itu bisa dihindari jika pengemudi mobil lebih berhati-hati.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, saat membuka pintu mobil yang terparkir di pinggir jalan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Pertama, pengemudi atau pemilik kendaraan perlu memperhatikan keadaan lalu lintas dari kaca spion untuk memastikan bahwa area sekitar sudah aman atau kosong.

“Sebelum membuka pintu, sebaiknya melihat ke spion dan menengok ke belakang untuk memastikan area pandang, sebelum membuka pintu kendaraan,” ucap Marcell.

Selain itu, pengemudi juga biasakan menengok langsung ke belakang, untuk memastikan kondisi lalu lintas di sekitar mobil.

Baca juga: Toyota dan VW Jadi Mobil Terlaris di Dunia

Selanjutnya, buka pintu secara perlahan khususnya jika jalanan di sekitar mobil padat, sembari memastikan keadaan di sekitarnya aman. Hal ini juga bisa menjadi sinyal bagi pengguna jalan lain bahwa ada mobil yang akan dibuka pintunya.

“Dengan begitu, pengendara lain bisa melakukan antisipasi atau menghindar. Setelah dipastikan aman pengemudi bisa membukanya lebih lebar dan keluar dari mobil,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com