Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Arti Huruf B Transmisi All New Ayla | Beli Pertalite Dibatasi 20 Liter | Petugas Jalan Tol Selamatkan Anak Kucing

Kompas.com - 13/05/2023, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit konsumen yang belum mengetahui arti dan fungsi huruf B pada tuas transmisi Daihatsu All New Ayla. Selain itu, berita tentang pembatasan pembelian Pertalite juga banyak membuat orang penasaran.

Artikel lainnya yang banyak dibaca adalah kisah petugas jalan tol Becakayu yang selamatkan anak kucing. Kisah tersebut dibagikan melalui video di media sosial hingga viral.

Masih ada beberapa artikel terpopuler lainnya yang sudah dirangkum di bawah ini. Berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler, Kamis (12/5/2023):

Baca juga: Sri Mulyani Anggarkan Pembelian Kendaraan Listrik buat PNS, Ini Rinciannya

1. Mengenal Arti dan Fungsi Huruf B pada Transmisi All New Ayla

Daihatsu All New Ayla Resmi Meluncur di Indonesia, Rabu (15/2/2023)KOMPAS.com/SENDY Daihatsu All New Ayla Resmi Meluncur di Indonesia, Rabu (15/2/2023)

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Ayla generasi baru dengan pembaruan yang total. Salah satu perubahan terbesar dengan menyematkan transmisi D-CVT. Seperti diketahui, transmisi D-CVT alias Dual Mode Continuously Variable Transmission ini serupa yang digunakan oleh Rocky dan Xenia.

Namun menariknya, pada Ayla memiliki sedikit perbedaan. Hal ini terlihat dari tatanan huruf-huruf yang tersemat, yakni P, D, S, dan B. Susunan ini tak seperti pada transmisi Rocky dan Xenia yakni, P, N, D, S, dan L.

Baca juga: Mengenal Arti dan Fungsi Huruf B pada Transmisi All New Ayla

2. Cara Merawat Rantai Motor yang Benar, Jangan Dilumuri Oli Bekas

Cek ketegangan rantai sepeda motor bebekDicky Aditya Wijaya Cek ketegangan rantai sepeda motor bebek

Bagi pengguna motor manual atau kopling, rantai bisa dikatakan sebagai komponen penting. Sayangnya, masih cukup sering dijumpai perawatan rantai yang keliru.

Satu kekeliruan yang biasa ditemukan adalah dalam langkah pembersihan dan pelumasan. Ada saja pengguna yang membersihkan rantai dengan sabun cuci dan melumasinya dengan oli bekas, padahal hal tersebut keliru.

Baca juga: Cara Merawat Rantai Motor yang Benar, Jangan Dilumuri Oli Bekas

3. Beli Pertalite Mau Dibatasi Maksimal 20 Liter Per Hari

Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat. DOK. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO. Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Pembelian BBM jenis Pertalite bakal dibatasi dengan kuota maksimal hanya 20 liter per hari. Pada tahap awal, Pertamina akan memberlakukan uji coba di beberapa daerah khusus buat mobil.

Nantinya, pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite akan diwajibkan menggunakan QR Code MyPertamina.

Baca juga: Beli Pertalite Mau Dibatasi Maksimal 20 Liter Per Hari

4. Video Gerombolan Pembalap Liar di JLNT, Klakson Saja kalau Mengganggu

sejumlah pengendara motor berhenti di jlnt casablancainstagram.com/dashcam_owners_indonesia sejumlah pengendara motor berhenti di jlnt casablanca

Video gerombolan pengendara motor yang kebut-kebutan di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca ramai di Instagram. Sudah melanggar aturan, mereka malah seenaknya menghalangi jalan orang.

Pada video yang diunggah akun Instagram Dash Cam Owners Indonesia tersebut, mobil perekam sempat memberikan klakson pada para pengendara motor. Apalagi mereka berhenti di area blindspot, bikin kaget perekam.

Baca juga: Video Gerombolan Pembalap Liar di JLNT, Klakson Saja kalau Mengganggu

5. Petugas Jalan Tol Becakayu Selamatkan Anak Kucing di Km 10

Petugas Jalan Tol Becakayu menyelamatkan anak kucing yang masuk ke jalan Tol Becakayu KM 10.Foto: Tangkapan layar Petugas Jalan Tol Becakayu menyelamatkan anak kucing yang masuk ke jalan Tol Becakayu KM 10.

Video viral di media sosial memperlihatkan petugas Jalan Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu atau Becakayu menyelamatkan anak kucing yang masuk ke jalan Tol Becakayu Km 10.

Pada video yang diunggah akun Instagram, kejadian tersebut terjadi pada Rabu (10/5/2023). Sebelum menyelamatkan kucing, petugas membatasi pengguna jalan menggunakan kun berbentuk kerucut.

Baca juga: Petugas Jalan Tol Becakayu Selamatkan Anak Kucing di Km 10

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com