Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Kronologi Kecelakaan Bus Masuk Jurang di Guci, Sopir Tidak Ada dan Kernet Bus Nyalakan Mesin | Insiden di SPBU karena Anak Kecil Duduk di Depan dan Pegang Tuas Gas

Kompas.com - 08/05/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan bus pariwisata yang terguling dan masuk ke jurang di jalur objek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023).

Belum diketahui bus pariwisata berwarna merah tersebut dari PO mana. Namun, terlihat dari rekaman video yang diunggah akun Cetul_22, bus terjun ke jurang dan terguling di sungai dekat jembatan menuju Guci.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, faktor kelalaian menjadi penyebab utama kejadian bus masuk jurang. Hal tersebut lantaran kernet menyalakan mesin bus yang sedang di parkir.

Selain itu, beredar video viral di media sosial tentang kecelakaan di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang melibatkan ibu dan anak kecil.

Pada video yang diunggah akun @lowslow.indonesia nampak si ibu menurunkan anak kecil dari motor, akan tetapi tangan si anak menggelayut setir motor. Akibatnya, motor langsung loncat dan menghantam motor dan mobil lain di depannya.

“Kesalahan dari cara menurunin anak berakibat fatal. Lebih aman lagi mending motor langsung matiin aja,” tulis si pengunggah video, dikutip Kompas.com Sabtu (6/5/2023).

Baca juga: Masih Ada Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 250 Juta Bulan Ini

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 7 Mei 2023

1. Kronologi Kecelakaan Bus Masuk Jurang di Guci, Sopir Tidak Ada dan Kernet Bus Nyalakan Mesin

Sejumlah warga sekitar lokasi kejadian mengevakuasi penumpang bus besar yang mengalami kecelakaan masuk jurang di Objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Mei 2023.TRIBUN BANYUMAS/Istimewa Sejumlah warga sekitar lokasi kejadian mengevakuasi penumpang bus besar yang mengalami kecelakaan masuk jurang di Objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Mei 2023.

“Lalu ban bus tersebut diganjal, namun ganjalan bus lepas dan bus berjalan sendiri kurang lebih 30 meter dan akhirnya masuk jurang,” kata Agus kepada saat dihubungi oleh Kompas.com, Minggu (7/5/2023).

Untuk kronologinya, Agus memaparkan bus pariwisata tersebut membawa rombongan yang akan berwisata ke Guci.

Lalu pada Minggu pagi, tepatnya jam 8.30 WIB mau pulang ke Tangerang. Pada saat persiapan mau pulang, bus parkir untuk sambil menunggu penumpang naik.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Bus Masuk Jurang di Guci, Sopir Tidak Ada dan Kernet Bus Nyalakan Mesin

2. Insiden di SPBU karena Anak Kecil Duduk di Depan dan Pegang Tas Gas

Tangkapan layar video anak kecil terjatuh di SPBU akibat tangannya menarik tuas gas motorTangkapan layar Instagram lowslow.indonesia Tangkapan layar video anak kecil terjatuh di SPBU akibat tangannya menarik tuas gas motor

Bermacam argumen dilontarkan netizen di kolom komentar. Mayoritas netizn menyayangkan sikap si ibu karena tidak mematikan mesin motor terlebih dahulu, hal itu dirasa kurang aman.

“Aduh si ibu... Lain x klo mau nurunin atuh kudu di matiin aja dulu motor nya cari aman... Gk salah anak nya ini mah,” kata pemilik akun @muachaazza.

“usahakan matiin mesin terlebih dahulu, agar ketika gas ngga sengaja terputar motor ngga loncat,” kata pemilik akun @29_icon.

Baca juga: Insiden di SPBU karena Anak Kecil Duduk di Depan dan Pegang Tas Gas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com