Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habis Libur Lebaran, Jangan Lupakan Perawatan Jok Mobil

Kompas.com - 29/04/2023, 07:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pascalibur Lebaran, ada baiknya melakukan perawatan mobil supaya kesehatan komponen tetap terjaga dan tampilan mobil tetap keren. Satu perawatan mudah yang bisa dilakukan adalah melakukan perawatan jok mobil.

Mansur, Pemilik Bengkel Spesialis Jok Mobil Surya Kencana Motor, membagikan beberapa tips mudah yang bisa dilakukan pengguna untuk merawat jok setelah liburan.

“Pas mudik kan pemakaian mobil intensif sekali. Jalan-jalan, dipakai liburan, dan nggotong kerabat di kampung halaman. Pastinya jok bakal kotor, belum lagi kalau ada jok ketumpahan makanan atau minuman,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (28/4/2023).

Utamanya, dia mengatakan, pemilik harus mengetahui jenis bahan jok yang digunakan. Biasanya bahan jok ada dua, yakni fabric (kain) atau leather (kulit).

Baca juga: Usai Dipakai Mudik, Simak Tahapan Cuci Mobil yang Benar

Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring dan air untuk membersihkan microwave. KOMPAS.com/RIZKI M FAUZAN Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring dan air untuk membersihkan microwave.

“Bahan yang paling sering dijumpai itu fabric. Ini lebih enak dibersihkan dan perawatannya jauh lebih gampang dibandingkan leather,” ujarnya.

Untuk perawatan jok berbahan fabric, pengguna cukup menyiapkan sikat gosok dan sabun bayi atau sabun cuci piring. Pastinya, gunakan sabun yang rendah detergen.

“Membersihkannya mudah, larutkan dulu satu sendok makan sabun ke mangkok atau ember kecil dan campur sampai rata. Kemudian celupkan sikat dan bersihkan jok dengan merata,” kata Mansur.

Jok berbahan fabric memiliki serat yang cukup kuat, jadi pengguna tidak perlu khawatir akan merobek lapisan. Pastikan saja tekanan saat menggosok tidak terlalu kuat.

Baca juga: Akali Kunci Tertinggal di Dalam Mobil, Tidak Bisa Pakai Trik Ini buat Mobil Modern

Ilustrasi membersihkan interior mobilFreepik Ilustrasi membersihkan interior mobil

“Kalau sudah digosok semua, lap permukaan jok dengan plas chamois (kanebo). Bagian sisi pintu juga bisa dibersihkan menggunakan kanebo. Selanjutnya, buka pintu dan angin-anginkan mobil. Nantinya jok akan kering sendiri,” ujarnya.

Adapun untuk jok berbahan leather alias kulit, Mansur menyarankan pengguna untuk melakukan perawatan di salon mobil atau cuci mobil saja. Alasannya, bahan kulit terkadang sangat sensitif.

“Sebenarnya bisa merawat di rumah, cuma sebaiknya dibawa ke salon mobil saja supaya perawatannya lebih menyeluruh,” kata Mansur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com