Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPV Seken Jadi Pilihan buat Mudik Lebaran

Kompas.com - 28/04/2023, 18:01 WIB
Azwar Ferdian

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen mudik Lebaran 2023 membuat tren penjualan mobil bekas meningkat. Banyak masyarakat yang memilih mudik menggunakan mobil pribadi, apalagi sudah tidak ada aturan pembatasan perjalanan.

Mudik biasanya dilakukan bersama keluarga menuju kampung halaman. Untuk itu, dibutuhkan mobil yang bisa menampung cukup banyak orang. Belum lagi ditambah dengan barang-barang bawaan.

Presiden Direktur PT Astra Digital Mobil (mobbi) Naga Sujady mengatakan, salah satu model mobil yang banyak dicari buat mudik lebaran adalah Multi Purpose Vehicle (MPV), dengan kelebihan daya angkut penumpang dan muatan.

"Mobil MPV masih menjadi unggulan, karena memiliki kapasitas muat orang yang banyak, serta bagasi yang mumpuni untuk mengangkut berbagai keperluan keluarga," ujar Naga, beberapa waktu lalu.

Inspeksi mobil bekas yang disediakan mobbi pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Dok. mobbi Inspeksi mobil bekas yang disediakan mobbi pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Persentase penjualan mobil MPV bekas di mobbi bisa mencapai 45 persen. Salah satu model yang terlaris adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Mobil ini sudah jadi andalan keluarga Indonesia sejak pertama kali diluncurkan pada 2003. All New Avanza dan All New Xenia yang meluncur pada 2021 saat ini sudah cukup banyak di pasar mobil bekas.

Harga mobil bekas seperti All New Avanza ada di kisaran Rp 215 juta hingga Rp 260 juta. Sedangkan All New Xenia, berkisar Rp 170 juta hingga Rp 220 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com