Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Gelombang Kedua, Rekayasa One Way Siap Diberlakukan

Kompas.com - 29/04/2023, 06:42 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Gelombang kedua arus balik Lebaran 2023, diprediksi terjadi pada akhir pekan ini. Rencananya, one way yang dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Tol Jakarta-Cikampek akan kembali diberlakukan pada 30 April dan 1 Mei.

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, persiapan rekayasa itu akan dimulai sejak Sabtu siang. 

"Jumat siang-sore arus lalu lintas landai. Sedangkan, kepadatan arus balik gelombang kedua kemungkinan besar terjadi Sabtu siang hingga malam," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (28/4/2023). 

Baca juga: Gelombang Kedua Arus Balik di Gerbang Tol Kalikangkung Dimulai 30 April dan 1 Mei 2023

Lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, ruas Jalan Tol Semarang Batang. Kementerian PUPR Lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, ruas Jalan Tol Semarang Batang.

Bila terjadi kepadatan, kata dia, pihaknya juga menyiapkan rencana one way lokal di tol dalam kota Semarang. 

"Puncak arus balik Kamis malam, ada one way darurat di Gerbang Tol Banyumanik karena mengurangi antrean. Sedangkan, Sabtu dan Minggu ini situasional ya, lajur satu arah di dalam kota hanya saat arus benar-benar tersendat," kata Agus. 

Baca juga: Update Arus Balik, 699.000 Kendaraan Belum Kembali ke Jabotabek

Namun demikian, Agus menyebut, jika ada ketersendatan hingga kemacetan, besar kemungkinan tidak seperti puncak arus balik gelombang pertama. 

"Diperkirakan lancar, di titik-titik tertentu saja yang padat. Sampai hari ini sudah ada 59 persen kendaraan pemudik arah Jakarta yang masuk di Kalikangkung," sebutnya. 

"Untuk arus balik gelombang kedua ini masih ada 40 persen pemudik yang diperkirakan melintas menuju ke arah barat," lanjutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com