Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Hyundai Ioniq 5 Bisa Berjalan Menyamping Seperti Kepiting

Kompas.com - 28/04/2023, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai terus mengembangkan teknologinya. Salah satunya adalah e-Corner System yang bisa membuat mobil berjalan menyamping.

Dikutip dari Carscoops.com, Jumat (28/4/2023), Hyundai Mobis merilis video yang memperlihatkan bagaimana sistem tersebut bekerja pada Ioniq 5. Sehingga, memudahkan pengendara dalam memarkir mobil.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Siap Meluncur, Tenaga Tembus 600 Hp

Sistem tersebut dikembangkan oleh Hyundai Mobis dengan menyematkan model e-Corner di tiap roda. Model ini mengombinasikan setir, suspensi, dan sistem kemudi pada setiap roda.

Namun, e-Corner System ini belum siap untuk diproduksi secara massal untuk sekarang ini. Meski demikian, Hyundai berencana untuk menyematkannya pada mobil produksi massal di masa depan.

Dengan sistem ini, mobil bisa berjalan menyamping seperti kepiting. Hyundai menyebutnya dengan "Crab Mode". Sehingga, bisa memudahkan pengendara untuk parkir paralel.

Baca juga: Subsidi Pajak, Harga Hyundai Ioniq 5 Turun Rp 75 Juta

Selain itu, sistem ini memiliki kemampuan untuk membuat mobil berputar di tempat hingga 360 derajat. Mode ini disebut dengan "Zero Turn". Dengan begitu, putar balik menjadi lebih mudah.

Hyundai Ioniq 5 dibekali dengan empat modul e-corner.Doc Carscoops Hyundai Ioniq 5 dibekali dengan empat modul e-corner.

Kemudian, ada juga mode "Pivot Turn". Dengan mode ini, hanya roda depan atau roda belakang saja yang menyamping dan salah satu rodanya tetap diam. Sehingga, mobil bisa berputar 90 derajat atau lebih. Lalu, masih ada lagi mode "Diagonal Driving".

Cheon Jae-seung, Head of Future Technology Convergence Institute of Hyundai Mobis, mengatakan, pihaknya mengidealkan e-Corner System untuk memenuhi tuntutan mobilitas masa depan.

“Kami akan mengamankan berbagai jenis solusi mobilitas khusus yang dapat diterapkan dalam kendaraan otonom dan PBV untuk memantapkan visi kami dalam mencapai ketinggian baru sebagai penyedia platform mobilitas,” ujar Jae-seung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com