Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akali Kunci Tertinggal di Dalam Mobil, Tidak Bisa Pakai Trik Ini buat Mobil Modern

Kompas.com - 28/04/2023, 18:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci mobil tertinggal di kadang bisa sangat menjengkelkan. Apalagi, jika tertinggalnya di dalam mobil dan pintunya terkunci.

Belum lama ini, hal tersebut terjadi pada Wahyu Adityo Prodjo, yang dia tunjukkan melalui video pada unggahannya di media sosial Instagram @wahyuuap.

Wahyu mengatakan, dirinya baru saja pulang sehabis bepergian menggunakan mobil Toyota Starlet lawas yang banyak dijuluki dengan Starlet Kotak alias Starko.

Baca juga: Apa Bisa Kunci Mobil Tua Diubah Menjadi Sistem Keyless?

"Mobil diparkir di depan rumah. Mobil masih dalam kondisi hidup mesinnya. Tapi, sepertinya sih memang ada masalah pada sistem penguncian dari pintunya. Sebab, meskipun sudah ditarik tombolnya, saat pintu ditutup, pintu terkunci lagi," kata Wahyu, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Wahyu Adityo Prodjo (@wahyuuap)

 

Wahyu menambahkan, dirinya sudah mencoba sendiri membuka pintu mobil yang terkunci, tapi gagal. Akhirnya, dia putuskan untuk menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar).

"Saya jelaskan kronologi dan jenis pertolongannya. Responsnya sangat cepat, sekitar 10 menit sudah datang ke lokasi," kata Wahyu.

"Dia buka dari karet pelipit kaca, disodok pakai alatnya dari besi. Tidak lama kemudian, bisa terbuka kuncinya," ujarnya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Bila Kunci Mobil Hilang?

Wahyu mengatakan, alasannya memanggil damkar karena tahu salah satu tugas damkar adalah memberikan pertolongan dalam kondisi darurat. Selain itu, tidak dipungut biaya alias gratis.

Kunci tertinggal jadi salah satu kelalaian yang memalukanshutterstock Kunci tertinggal jadi salah satu kelalaian yang memalukan

Namun, cara membuka kunci pintu seperti yang dilakukan petugas damkar dalam video yang diunggah Wahyu, hanya berlaku untuk mobil lawas. Untuk mobil modern, cara tersebut tidak akan berhasil.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Menurutnya, mekanisme penguncian pintunya berbeda.

"Kalau kunci ketinggalan di dalam (mobil), maka mobil sekarang pintunya tidak bisa terkunci," ujar Bambang, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jadi, jangan coba-coba membuka kunci pintu pada mobil modern seperti pada mobil jadul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com