Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Video Viral, Toyota Innova di Dubai Tembus 1 Juta Km | Jadwal Terbaru One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap Arus Balik Periode 26-28 April 2023

Kompas.com - 27/04/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Innova merupakan salah satu model andalan ekspor Indonesia ke berbagai negara, termasuk Dubai.

MPV ini dijadikan taksi di negara tersebut dan salah satunya ada yang odometernya sudah tembus hingga 999.999 kilometer. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @fahedabusalah. Dalam video tersebut, dia menyebutkan Innova yang digunakan adalah produksi tahun 2018.

Terlihat dalam video tersebut, taksi yang digunakannya sudah menempuh jarak hingga 999.999 Km pada panel instrumen. Odometer tersebut hanya enam digit sehingga tidak bisa lagi mencapai 1.000.000 km.

Selain itu, pemerintah resmi menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) baru terkait pengaturan lalu lintas jalan selama masa arus balik 2023, dengan nomor KP-DRJD 2617 Tahun 2023 dan Nomor: SKB/49/IV/2023.

SKB ini ini merupakan tambahan dari SKB sebelumnya yang telah diterbitkan pada 5 April 2023 untuk menambah pengaturan lalu lintas di tanggal-tanggal yang belum ditetapkan sebelumnya.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Gran Max di Cipali, Jumlah Penumpang Overload

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 26 April 2023 :

1. Video Viral, Toyota Innova di Dubai Tembus 1 Juta Km

Sang sopir menceritakan kalau mobilnya masih standar belum pernah ada diganti, baik transmisi maupun mesin. Selama lima tahun, jarak yang sudah ditempuh mobil tersebut sangat luar biasa jauhnya.

"Hal itu merupakan kombinasi dari banyak faktor, seperti kebiasaan pengemudi, perawatan yang baik, infrastruktur, dan kualitas bahan bakar yang baik juga," ujar Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Video Viral, Toyota Innova di Dubai Tembus 1 Juta Km

2. Jadwal Terbaru One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap Arus Balik Periode 26-28 April 2023

Pemberlakuan rekayasa lalu lintas (lalin) one way dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai dengan KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.
Jasa Marga Pemberlakuan rekayasa lalu lintas (lalin) one way dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai dengan KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Melalui SKB antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, salah satu yang diperbarui adalah soal jadwal penerapan tiga rekayasa lalu lintas, yakni contraflow, ganjil genap, dan sistem satu arah atau one way.

Ketiga rekayasa lalu lintas pada arus balik Lebaran tersebut mendapat penambahan waktu pelaksanaan dari yang sudah ditetapkan sebelumnya yang dijelaskan pada poin kedua, yakni:

Baca juga: Jadwal Terbaru One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap Arus Balik Periode 26-28 April 2023

3. Jangan Cuek, Ini Gejala Busi Mobil yang Sudah Minta Ganti

Busi NGKNGK Busi NGK

Meski bentuknya kecil, tapi keberadaan busi pada mobil punya peran yang tak bisa disepelekan. Fungsinya memberikan percikan api guna memicu ledakan campuran bensin dan udara untuk menciptakan gaya dorong pada mesin.

Busi masuk dalam komponen yang butuh perawatan dan pergantian, namun tak ada patokan baku terkait masa pakainya. Rata-rata bengkel resmi sifatnya hanya sekadar menyarankan diganti tiap berapa puluh kilometer tertentu.

Baca juga: Jangan Cuek, Ini Gejala Busi Mobil yang Sudah Minta Ganti

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com