Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Terbaru One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap Arus Balik Periode 26-28 April 2023

Kompas.com - 26/04/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) baru terkait pengaturan lalu lintas jalan selama masa arus balik Lebaran 2023, dengan nomor KP-DRJD 2617 Tahun 2023 dan Nomor: SKB/49/IV/2023.

SKB ini ini merupakan tambahan dari SKB sebelumnya yang telah diterbitkan pada 5 April 2023 untuk menambah pengaturan lalu lintas di tanggal-tanggal yang belum ditetapkan sebelumnya.

Melalui SKB antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, salah satu yang diperbarui adalah soal jadwal penerapan tiga rekayasa lalu lintas, yakni contraflow, ganjil genap, dan sistem satu arah atau one way.

Baca juga: One Way Kalikangkung-Cikampek Diperpanjang hingga 26 April 2023 Pukul 24.00 WIB

Ketiga rekayasa lalu lintas pada arus balik Lebaran tersebut mendapat penambahan waktu pelaksanaan dari yang sudah ditetapkan sebelumnya yang dijelaskan pada poin kedua, yakni:

Kondisi arus lalu lintas kendaraan dari arah Semarang yang memasuki Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (23/4/2023) malam. Jasa Marga Kondisi arus lalu lintas kendaraan dari arah Semarang yang memasuki Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (23/4/2023) malam.

a. Penerapan sistem satu arah (one way) dengan menambahkan ketentuan waktu pengaturan lalu lintas diberlakukan pada hari Rabu 26 April 2023 sampai dengan hari Jumat, 28 April 2023 setiap pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 72 (Cikampek).

b. Penerapan sistem jalur/lajur pasang surut/tidal flow (contra flow) dengan menambahkan ketentuan waktu pengaturan lalu lintas diberlakukan pada hari Rabu, 26 April 2023 sampai dengan hari Jumat 28 April 2023 setiap pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 72 (Cikampek) sampai dengan KM 47 (Karawang Barat).

c. Penerapan sistem ganjil - genap dengan menambahkan ketentuan waktu pengaturan lalu lintas diberlakukan pada hari Rabu, 26 April 2023 sampai dengan hari Jumat, 28 April 2023 setiap pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 47 (Karawang Barat)

Baca juga: Jangan Cuek, Ini Gejala Busi Mobil yang Sudah Minta Ganti

Buka tutup contraflow secara situasional di Tol Jakarta-Cikampek. 
Jasa Marga Buka tutup contraflow secara situasional di Tol Jakarta-Cikampek.

Dalam SKB tersebut juga dijelaskan, dalam hal terjadi perubahan arus lalu lintas secara tiba-tiba atau situasiinal, Kepolisian Negara Republik Indonesia dapat melaksanakan manajemen operasional berupa diskresi dari petugas kepolisian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com