Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Performa dan Efisiensi MG New ZS Vs DFSK Glory 560

Kompas.com - 22/04/2023, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) New ZS dan DFSK Glory 560 memiliki kapasitas mesin yang sama. Tapi, soal performa dan konsumsi BBM, hasilnya cukup berbeda.

New ZS dibekali dengan mesin 15S4C non-turbo, berkapasitas 1.498 cc. Mesinnya dikombinasikan dengan transmisi CVT 8-percepatan.

Baca juga: Adu Fitur MG New ZS Vs DFSK Glory 560, Mana Lebih Lengkap?

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum 82,8 Tk pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi yang dihasilkan, mencapai 150 Nm pada 4.500 rpm.

Mesin MG New ZSKompas.com/Donny Mesin MG New ZS

Sementara Glory 560, mengandalkan mesin SFG15T turbocharged dengan kapasitas 1.498 cc yang juga menggunakan transmisi CVT.

Berkat mesin yang dilengkapi dengan turbo, tenaga maksimumnya mencapai 148 Tk pada 5.600 rpm. Kemudian, torsinya sebesar 220 Nm pada rentang 1.800 rpm hingga 4.000 rpm.

Baca juga: Mengulas Interior MG New ZS dan DFSK Glory 560

Dengan perbedaan tenaga yang cukup signifikan tersebut, konsumsi BBM yang dihasilkan tentu juga sangat berbeda. New ZS lebih irit dibandingkan Glory 560, meskipun mesinnya kalah tenaga dan torsi.

DFSK Glory 560 DFSK Glory 560

Untuk New ZS, konsumsi BBM yang dihasilkan saat redaksi melakukan perjalanan bertajuk "Kompas.com Otomotif Challenge (KOC) Oto Avontur", tercatat rata-rata 15 kilometer per liter.

Hasil tersebut merupakan kombinasi jalan tol dan dalam kota, ketika mobil tersebut dibawa ke Bandung dan menuju Lembang. Tentunya, setelah menemui kemacetan dan beberapa jalan menanjak.

Baca juga: Risiko Jadikan Atap Mobil sebagai Bagasi Tambahan

Sedangkan Glory 560, DFSK mengklaim pernah melakukan pengetesan resmi bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Hasilnya, tercatat rata-rata konsumsi BBM SUV ini mencapai 12,66 kilometer per liter.

Pengetesan dilakukan dengan metode EVE 101, di mana pengujian dilakukan secara statis, seperti saat tes dengan mesin dyno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com