Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zontes ZT500, Skuter Maxi yang Siap Jadi Lawan Yamaha TMax

Kompas.com - 21/04/2023, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal skuter maxi, biasanya yang muncul di pikiran adalah Yamaha TMax. Skutik bongsor tersebut memang bisa dibilang jadi rajanya di segmen skuter bongsor.

Tapi, berbeda halnya dengan di China, di mana banyak merek yang terjun di segmen skuter maxi, seperti Zontes. Zontes punya ZT500 yang dibuat untuk melawan dominasi Yamaha TMax.

Dikutip dari Rideapart, Zontes baru memasuki beberapa negara di Asia dan Eropa. Biasanya, produk dari Zontes dibuat untuk para pemula, menawarkan motor dengan mesin 125cc sampai 300cc.

Baca juga: Suzuki Siapkan Skuter Listrk e-Burgman

Zontes ZT500, pesaing Yamaha TMax dari ChinaRIDEAPART Zontes ZT500, pesaing Yamaha TMax dari China

Tapi berbeda dengan kali ini, Zontes memperkenalkan ZT500, skuter maxi yang bongsor, siap melawan Yamaha TMax. Secara desain ZT500 memang mengambil bahasa desain ZT350 yang lebih dulu diperkenalkan di Eropa.

Jadi desain dari ZT500 ini memang lebih ke arah modern yang sleek atau mulus dengan garis-garis yang mengalir. Secara proporsi, ZT500 ukurannya setara dengan TMax, siap menghajar jalanan dengan nyaman.

Secara spesifikasi, ZT500 menggunakan mesin satu silinder 491cc yang menghasilkan tenaga 46 TK dan torsi 51,5 Nm. Memang, tampaknya ZT500 akan lebih bergetar karena mesin satu silinder, berbeda dengan TMax yang dua silinder.

Baca juga: Toyota Fortuner Masuk Jalur Rel Kereta Api, Butuh 5 Jam Evakuasi


Zontes mengklaim skutik bongsornya bisa melaju sampai 160 Kpj. Kemudian di sektor kaki-kaki, sudah memakai disc brake radial dari J.Juan dan dual channel ABS. Pelek memakai ukuran 15 inci dengan profil ban 120/70 di depan dan 160/60 di belakang.

Belum dipastikan apakah Zontes ZT500 nantinya akan dijual di luar China. Tapi memang secara global, market motor China mulai tumbuh, ditambah populernya segmen skuter maxi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com