Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Update Jadwal One Way di Tol Cipali-Kalikangkung, Diperpanjang sampai Siang Hari | Video Viral Ban Lepas Saat Berjalan, Begini Cara Antisipasinya

Kompas.com - 20/04/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas satu arah atau one way yang sudah diterapkan di jalan tol mengalami perubahan. Sebab, terlihat jumlah kendaraan yang digunakan untuk mudik terus meningkat.

Pada Selasa (18/4/2023), sudah diberlakukan one way pukul 14.00 WIB hingga 24.00 WIB. One way dimulai dari Km 72 Tol Cikampek hingga Km 414 Tol Kalikangkung.

Dikutip dari keterangan resmi pihak Jasa Marga, Selasa (18/4/2023), rekayasa lalu lintas one way pada hari pertama mudik yang awalnya dijadwalkan selesai pada pukul 24.00 WIB akan diteruskan. Rencananya, one way baru akan selesai pada Rabu (19/4/2023) pukul 12.00 WIB.

Selain itu, beredar video di media sosial yang memperlihatkan ban serep terlepas dari kendaraan yang sedang berjalan di ruas jalan tol Bandung-Padalarang.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Rabu (19/4/2023), terlihat ban menggelinding dan hampir mengenai mobil yang sedang melintas di lajur kanan jalan tol. 

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 19 April 2023 :

 Baca juga: Warna Oli Mesin Menghitam, Apakah Jadi Indikasi Sudah Jelek? 

1. Update Jadwal One Way di Tol Cipali-Kalikangkung, Diperpanjang sampai Siang Hari

Keputusan ini diambil berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat dari arah Jakarta menuju ke arah timur, pantauan visual CCTV, dan laporan petugas kepolisian di lapangan, serta prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut hingga pagi hari.

"Namun, apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way," tulis keterangan resmi dari Jasa Marga.

Baca juga: Update Jadwal One Way di Tol Cipali-Kalikangkung, Diperpanjang sampai Siang Hari

2. Video Viral Ban Lepas Saat Berjalan, Begini Cara Antisipasinya

Video ban mobil terlepasinstagram.com/dashcam_owners_indonesia Video ban mobil terlepas

Kondisi ini tentu berbahaya, bahkan bisa saja menyebabkan kecelakaan fatal, jika pengemudi mobil lainnya tidak sigap dan tidak memiliki jarak untuk menghindar.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, ban mobil yang terlepas dari arah berlawanan merupakan bahaya yang tidak bisa diantisipasi ketika berkendara.

Baca juga: Video Viral Ban Lepas Saat Berjalan, Begini Cara Antisipasinya

 

3. Libur Lebaran, Ganjil Genap di Puncak Bogor Berlaku 19-25 April 2023

Petugas kepolisian sedang melakukan pengaturan skema ganjil genap di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas kepolisian sedang melakukan pengaturan skema ganjil genap di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat.

Menjelang libur nasional 2023, Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak, Kabupaten Bogor mulai 19 April-25 April 2023. Hal tersebut diumumkan melalui akun Instagram @tmcpolresbogor, Selasa (18/4/2023).

“Mulai Tanggal 19 s.d 25 April 2023 di Jalur Puncak Diberlakukan Ganjil Genap. Sesuaikan Waktu Keberangkatan

Baca juga: Libur Lebaran, Ganjil Genap di Puncak Bogor Berlaku 19-25 April 2023

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com