Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Lebaran dan Arus Balik, Car Free Day Jakarta Libur Sementara

Kompas.com - 20/04/2023, 03:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemprov DKI Jakarta meniadakan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day pada 23 dan 30 April 2023, karena bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1444 H dan arus balik mudik Lebaran.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Pasal 5 ayat (1).

Dalam aturan itu disebutkan bahwa pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dapat dibatalkan apabila pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan/event yang bersifat khusus (nasional/internasional).

Baca juga: Video Viral Ban Lepas Saat Berjalan, Begini Cara Antisipasinya

Suasana hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) alias car free day di area Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, pada Minggu (9/4/2023) atau sekitar dua pekan jelang Lebaran 2023, tampak sepi dari masyarakat.KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) alias car free day di area Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, pada Minggu (9/4/2023) atau sekitar dua pekan jelang Lebaran 2023, tampak sepi dari masyarakat.

Kegiatan/event tersebut memerlukan suatu pengaturan IaIu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, peniadaan HBKB pada tanggal tersebut juga merupakan implementasi dari aturan yang disepakati beberapa instansi terkait.

Keputusan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Direktur Jenderal Bina Marga Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah.

Baca juga: Jangan Terlalu Sering Injak Setengah Kopling

“Pada 23 dan 30 April 2023 pelaksanaan HBKB ditiadakan untuk lokasi di tingkat provinsi, yakni di Jalan MH Thamrin-Jalan Sudirman,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (19/4/2023).

“Dan pada 30 April 2023 yang seharusnya di jadwalkan HBKB di tingkat wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, yakni Jalan Pemuda-Simpang Arion sampai dengan Simpang TU-GAS.

Menurut Syafrin, saat Lebaran di lokasi tersebut tidak dilakukan penutupan jalan, sehingga diimbau bagi masyarakat agar tidak beraktivitas pada badan jalan tersebut.

Baca juga: Harga Mepet, Mending Pilih Vario 160 atau Grand Filano? [Video]

Suasana lengang di Jl Jenderal Sudirman di H-2 Idul Fitri 1443 Hijriah, Sabtu (30/4/2022).Tribunnews.com/NAUFAL LANTEN Suasana lengang di Jl Jenderal Sudirman di H-2 Idul Fitri 1443 Hijriah, Sabtu (30/4/2022).

Ia juga mengatakan, personel dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya akan dilibatkan dalam pengamanan, pengaturan dan pengendalian lalu lintas pada kegiatan arus mudik dan arus balik tersebut.

“Kami akan melakukan pengaturan lalu lintas pada titik-titik lokasi pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri agar tetap berjalan lancar, aman dan tertib. Kami juga mengimbau agar masyarakat tetap patuhi aturan berlalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan,” ucap Syafrin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com