Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Lebaran dan Arus Balik, Car Free Day Jakarta Libur Sementara

Kompas.com - 20/04/2023, 03:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemprov DKI Jakarta meniadakan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day pada 23 dan 30 April 2023, karena bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1444 H dan arus balik mudik Lebaran.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Pasal 5 ayat (1).

Dalam aturan itu disebutkan bahwa pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dapat dibatalkan apabila pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan/event yang bersifat khusus (nasional/internasional).

Baca juga: Video Viral Ban Lepas Saat Berjalan, Begini Cara Antisipasinya

Suasana hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) alias car free day di area Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, pada Minggu (9/4/2023) atau sekitar dua pekan jelang Lebaran 2023, tampak sepi dari masyarakat.KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) alias car free day di area Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, pada Minggu (9/4/2023) atau sekitar dua pekan jelang Lebaran 2023, tampak sepi dari masyarakat.

Kegiatan/event tersebut memerlukan suatu pengaturan IaIu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, peniadaan HBKB pada tanggal tersebut juga merupakan implementasi dari aturan yang disepakati beberapa instansi terkait.

Keputusan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Direktur Jenderal Bina Marga Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah.

Baca juga: Jangan Terlalu Sering Injak Setengah Kopling

“Pada 23 dan 30 April 2023 pelaksanaan HBKB ditiadakan untuk lokasi di tingkat provinsi, yakni di Jalan MH Thamrin-Jalan Sudirman,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (19/4/2023).

“Dan pada 30 April 2023 yang seharusnya di jadwalkan HBKB di tingkat wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, yakni Jalan Pemuda-Simpang Arion sampai dengan Simpang TU-GAS.

Menurut Syafrin, saat Lebaran di lokasi tersebut tidak dilakukan penutupan jalan, sehingga diimbau bagi masyarakat agar tidak beraktivitas pada badan jalan tersebut.

Baca juga: Harga Mepet, Mending Pilih Vario 160 atau Grand Filano? [Video]

Suasana lengang di Jl Jenderal Sudirman di H-2 Idul Fitri 1443 Hijriah, Sabtu (30/4/2022).Tribunnews.com/NAUFAL LANTEN Suasana lengang di Jl Jenderal Sudirman di H-2 Idul Fitri 1443 Hijriah, Sabtu (30/4/2022).

Ia juga mengatakan, personel dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya akan dilibatkan dalam pengamanan, pengaturan dan pengendalian lalu lintas pada kegiatan arus mudik dan arus balik tersebut.

“Kami akan melakukan pengaturan lalu lintas pada titik-titik lokasi pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri agar tetap berjalan lancar, aman dan tertib. Kami juga mengimbau agar masyarakat tetap patuhi aturan berlalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan,” ucap Syafrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com