Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Mudik Selain Menggunakan Bus Bisa Pakai Jasa Travel Resmi

Kompas.com - 12/04/2023, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik ke kampung halaman bisa menggunakan banyak cara. Tidak hanya pakai bus, kereta, pesawat dan mobil pribadi tapi juga bisa memanfaatkan fasilitas travel resmi yang terjamin keamanannya.

Beberapa perusahaan travel resmi sudah mengembangkan layanannya menjadi lebih mudah, baik dari sisi pemesanan, pembayaran, penentuan lokasi keberangkatan serta penentuan nomor kursi.

Hanya bermodalkan handphone pemesanan tiket travel bisa dilakukan di rumah. Seperti Daytrans, layanannya sudah bisa diakses lewat aplikasi di handphone. Begitu juga Cititrans yang bisa melakukan booking dengan mengunjungi website resminya.

Baca juga: Masyarakat Diimbau Jangan Mudik Pakai Travel Gelap

Cititrans, salah satu travel Semarang-Yogyakarta Shutterstock/isnaini Husnayati Cititrans, salah satu travel Semarang-Yogyakarta

Cara-cara tersebut tentu memanjakan pengguna, serta memberikan rasa aman terkait kepastian tempat duduk, jam keberangkatan, biaya dan sebagainya.

1. Daytrans

Travel ini sudah terdaftar secara resmi, dan cukup populer di kalangan masyarakat. Lewat layananan yang lebih mudah dengan adanya aplikasi di handphone maka pemesanan tiket menjadi lebih mudah dan pasti.

Layanan yang diberikan berupa pool to pool, sehingga pengguna akan berangkat dari pool keberangkatan dan bisa diberhentikan di titik lokasi poo tujuan atau jalan yang dilaluinya.

Baca juga: Pemkot Semarang Wanti-wanti agar Pemudik Tak Pakai Travel dan Bus Gelap, Ini Beberapa Risiko yang Mengancam

Memang sih tidak senyaman door to door, tapi kelebihannya harga menjadi lebih terjangkau. Bahkan, kenaikan harga tiketnya untuk keberangkatan bertepatan dengan puncak arus mudik saja tidak begitu besar.

Untuk pemesanan bisa lewat Traveloka, Tiketux, Web Daytrans, dan Aplikasi Daytrans di Playstore/Appstore, atau langsung ke counter, untuk promo berlaku pemesanan via aplikasi daytrans http://bit.ly/daytransmobile dan web daytrans https://www.daytrans.co.id/.

2. Cititrans

Travel serupa juga bisa dipesan di Cititrans, meski sistem bookingnya belum menggunakan aplikasi di handphone, tapi pemesanan tiket serta pemilihan kursi bisa dilakukan secara mandiri oleh pengguna.

Baca juga: Travel Gelap Berkeliaran, Dishub Semarang Bakal Tindak Tegas

Biayanya juga cukup terjangkau karena layanan yang diberikan pool to pool. Untuk pemesanannya bisa melewati website resmi https://www.cititrans.co.id/book-now/.

3. Travel Nalatra

Selanjutnya ada Travel Nalatra yang menyediakan layanan travel door to door. Penjemputan di rumah, sesuai jam yang sudah ditentukan, dan diantar sampai rumah. Layanan yang cukup praktis tentu saja, namun hal ini harus dibayar dengan harga tiket yang lebih mahal.

Untuk pemesanannya bisa menghubungi Whatsapp yang tertera di website resminya https://nalatra.com/.

Baca juga: Bila Travel Pakai Kendaraan Listrik, Ini Kata Daytrans

4. Bintang Raya Travel

Selanjutnya ada Bintang Raya Travel untuk layanan travel door to door dengan biaya yang lebih terjangkau. Fasilitas yang didapat sama; dijemput di rumah, diantar sampai tujuan sampai rumah, lewat jalan tol, full AC, Music, dan dapat makan sekali.

Sebagai contoh untuk perjalanan mudik Jakarta-Semarang, banderol tarifnya Rp 350.000 per orang, sekali jalan. Dengan menggunakan armada Hiace yang mampu menampung 11 penumpang.

Untuk pemesanan bisa menghubungi Whatsapp yang tertera di website resminya https://www.bintangrayatravel.com/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com