Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Suzuki XL7, BBM Full Tank Bisa sampai Tol Solo-Ngawi

Kompas.com - 12/04/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki XL7 yang telah meluncur pada tahun 2020 jadi salah satu kendaraan yang dipakai pemudik pada masa mudik Lebaran 2023.

Banyak yang penasaran, berapa konsumsi BBM Low SUV ini. Terutama setelah diisi penuh alias full tank, mobil bisa melaju sampai mana?

Berdasarkan pengetesan redaksi Kompas.com, XL7 saat dipakai di rute tol hingga sejauh 240,4 km, konsumsi BBM-nya tembus 15,2 km per liter.

Baca juga: Motor Listrik Honda Meluncur Semester II 2023, Langsung Dua Model

Sejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

Sementara itu, dengan kapasitas tangki BBM 45 liter, artinya secara matematis mobil ini bisa melaju sejauh 684 km.

Namun perlu diingat, ketika mudik Lebaran situasi jalan bakal lebih padat. Selain itu, mobil bisa diisi penumpang 7 orang, serta membawa barang bawaan, membuat bobot lebih berat berpengaruh langsung pada performa mesin.

Untuk diketahui, antara Jakarta (Simpang Susun Cawang) sampai Semarang (GT Kalikangkung) memiliki jarak 414 km.

Baca juga: Bagusan Mana, Coolant atau Air Demineral untuk Radiator?

Sementara, jarak Semarang (GT Kalikangkung) sampai Surabaya (GT Warugunung) sejauh 327 km.

Artinya bila perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Surabaya, XL7 harus mengisi BBM setidaknya di rest area Tol Solo-Ngawi Km 519A dan Km 575A. Selain itu, bisa juga di SPBU Modular di Km 597A Tol Ngawi-Kertosono.

Sebagai informasi, XL7 mengusung mesin yang sama dengan Ertiga, yakni K15B DOHC dengan kubikasi murni 1.462 cc.

Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga 104,7 PS pada 6.000 rpm atau setara 103,2 tk, sedangkan torsinya mencapai 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com