Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Travel Pakai Kendaraan Listrik, Ini Kata Daytrans

Kompas.com - 24/02/2023, 19:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Daytrans menjadi salah satu perusahaan penyedia pelayanan jasa transportasi darat, pengantaran barang ringan dan travel yang ada di Indonesia.

Kini Daytrans mampu melayani 280 jadwal keberangkatan setiap hari dengan total kapasitas lebih dari 2.200 penumpang per hari.

“Mobil penumpang kita punya 150 unit. Kita operasionalnya ada dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Yogyakarta, Bogor sampai ke Jawa Timur. Jadi untuk operasional penumpang ada banyak rutenya,” kata Manager Operasional Daytrans Reza kepada Kompas.com, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: Video Modifikasi Honda Beat Punya 2 Tangki Bensin, Amankah?

Untuk layanan transportasi penumpang dari Daytrans menggunakan minibus dari Toyota Hiace dengan kapasitas 14 bangku penumpang. Sementara itu, untuk operasional dari setiap rute mini bus telah telah memiliki estimasi waktu yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

“Contohnya seperti dari Jakarta ke Bandung estimasi itu 4 jam. Walaupun terkadang 2 jam atau 3 jam telah sampai, tapi terkadang kondisi jalan tidak bisa dipastikan. Jadi kita ada estimasi waktu 4 jam,” kata Reza.

Sementara itu, untuk kendaraan dari layanan Daytrans Ekspress saat ini telah memiliki 5 unit kendaraan niaga. Unit dari kendaraan ini ditempatkan di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya untuk mengitari kota.

Salah satu mini bus milik Day TransDaytrans Salah satu mini bus milik Day Trans

“Nantinya paket tersebut akan masuk ke mobil kita yang setiap hari jalan, nanti diplot di satu gudang di tiap kota untuk kita sebarkan,” kata Reza.

Untuk tren kendaraan listrik sendiri, saat ini Daytrans masih belum mau menggunakan untuk layanan dari transportasi penumpang atau kendaraan niaga.

Namun untuk menunjang layanan logistik dan memperkuat kinerja dari kendaraan niaga, Daytrans mulai menggunakan beberapa unit sepeda motor listrik yang akan digunakan oleh para kurir. Penggunaan motor listrik dipakai untuk kurir hanya untuk layanan dalam kota.

“Tapi kalau ditanya apakah akan pakai kendaraan listrik di kemudian hari, itu mungkin saja. Hanya saja tinggal tunggu kebijakan. Karena satu sisi omset kita ini di kendaraan. Jadi kalau hitungannya lebih mahal dari mobil konvensional lebih baik pakai yang sekarang,” kata Reza.

Baca juga: Skema Kredit Motor Listrik Gesits G1, Uang Muka Rp 2 Juta

Menurut Reza, setiap perusahaan otobus yang memilih kendaraan untuk layanan logistik atau layanan transportasi sebenarnya sederhana.

Biasanya unsur yang paling penting adalah kendaraan apa yang paling irit dan tahan banting sehingga tidak mudah rusak.

Contohnya Daihatsu Grand Max yang sudah familiar dan banyak dipakai oleh banyak perusahaan logistik karena terkenal irit, harga murah dan spesifikasi umum dan bisa masuk ke perumahan-perumahan kecil.

“Namun kembali lagi, ini tergantung konsep dari bisnis tersebut. Kalau kita cuma untuk antar kota dari rumah ke rumah ya pakai Grand Max sudah cukup. Kalau mau yang besar bisa pakai truk Isuzu yang mampu mengangkut banyak muatan, jadi tergantung kebutuhan dari lini bisnisnya,” kata Reza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com