Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Perbedaan Rest Area Tipe A, B dan C di Jalan Tol

Kompas.com - 11/04/2023, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur mudik Lebaran 2023, Pulau Jawa diprediksi masih akan menjadi destinasi dengan pemudik terbanyak.

Berdasarkan hasil survei potensi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 yang dilakukan Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), 5 daerah tujuan perjalanan mudik tertinggi adalah Jawa Tengah (26,45 persen), Jawa Timur (19,87 persen), Jawa Barat (16,73 persen), Jabodetabek (6,52 persen), dan Yogyakarta (4,78 persen).

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, umumnya akan melewati jalan tol sebagai cara untuk lebih cepat sampai ke kota tujuan.

Baca juga: Daimler Hadirkan Lebaran Rescue 2023, Kawal Bus Angkutan Mudik

Banyak rest area di sekitar ruas jalan tol yang bisa dijadikan tempat pemberhentian sementara bagi pemudik yang berkendara melalui jalan tol.

Meski demikian, harus dipahami bahwa tiap rest area yang dibangun pengelola jalan tol antar kota memiliki luas lahan yang berbeda. Fasilitas yang tersedia pun tidak sama antara rest area satu dengan yang lainnya.

SPBU modular di sejumlah rest area jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga GroupDok. PT JMRB SPBU modular di sejumlah rest area jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group

Dikutip dari laman BPJT, Selasa (11/4/2023), rest area dalam jalan tol antar kota dikategorikan dalam beberapa tipe yang berbeda berdasarkan tingkat kelengkapan sarana prasarana yang disediakan.

Untuk rest area Tipe A, dilengkapi dengan fasilitas umum meliputi pusat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan fasilitas isi ulang kartu tol, toilet, klinik kesehatan, bengkel, warung atau kios, minimarket, mushola, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), restoran, ruang terbuka hijau, dan sarana tempat parkir.

Kemudian untuk rest area Tipe B dilengkapi dengan fasilitas umum meliputi pusat ATM dengan fasilitas isi ulang kartu tol, toilet, warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan sarana tempat parkir.

Selanjutnya untuk rest area Tipe C fasilitas umum meliputi toilet, warung atau kios, mushola, dan sarana tempat parkir yang bersifat sementara. Untuk rest area Tipe C hanya dioperasikan pada masa libur panjang, libur Lebaran atau Natal, dan tahun baru.

Ilustrasi Rest Area KM 260B di Tol Trans Jawa.Dok. Rest Area KM 260b Ilustrasi Rest Area KM 260B di Tol Trans Jawa.

Baca juga: Penjualan AHM Naik 50 Persen di Awal 2023

Berikut adalah daftar Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa:

1. Ruas Tol Tangerang-Merak
Arah ke Merak: Rest Area Tipe A KM 42 dan Rest Area Tipe A KM 68
Arah ke Jakarta: Rest Area Tipe A KM 68 dan Rest Area Tipe A KM 45

2. Ruas Tol Jakarta-Tangerang
Arah ke Tangerang: Rest Area Tipe A KM 13
Arah ke Jakarta: Rest Area Tipe A KM 14

3. Ruas Tol Jakarta-Cikampek
Arah ke Cikampek: Rest Area Tipe C KM 18, Rest Area Tipe A KM 19, Rest Area Tipe C KM 25, Rest Area Tipe B KM 33, Rest Area Tipe A KM 40, Rest Area Tipe C KM 41, Rest Area Tipe B KM 50, Rest Area Tipe A KM 57, dan Rest Area Tipe C KM 59
Arah ke Jakarta: Rest Area Tipe A KM 6, Rest Area Tipe C KM 19, Rest Area Tipe B KM 32, Rest Area Tipe C KM 34, Rest Area Tipe A KM 42, Rest Area Tipe B KM 52, Rest Area Tipe C KM 58, Rest Area Tipe A KM 62, dan Rest Area Tipe B KM 71

4. Ruas Tol Cikampek-Palimanan
Arah ke Palimanan: Rest Area Tipe B KM 86, Rest Area Tipe A KM 102, Rest Area Tipe B KM 130, dan Rest Area Tipe A KM 166
Arah ke Cikampek: Rest Area Tipe B KM 86, Rest Area Tipe A KM 101, Rest Area Tipe B KM 130, dan Rest Area Tipe A KM 164

5. Ruas Tol Palimanan-Kanci
Arah ke Kanci: Rest Area Tipe A KM 207
Arah ke Palimanan: Rest Area Tipe A KM 208

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com