Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman dan Nyaman Mudik Naik Bus

Kompas.com - 04/04/2023, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik ke kampung halaman menggunakan bus bukan perkara mudah. Apalagi, kali pertama Anda melakukan perjalanan jauh pakai transportasi umum.

Bus menjadi transportasi andalan untuk sejumlah orang ketika hendak pulang ke kampung halaman. Biasanya terminal bus mulai didatangi oleh pemburu tiket di pertengahan bulan puasa bahkan bisa lebih awal.

Jumlah bus yang terbatas ini menjadi alasan bagi sebagian orang untuk melakukan reservasi lebih awal. Meski harga tiket bus bisa mengalami kenaikan hingga 100 persen, tapi tetap diburu pembeli.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Dishub Kota Semarang Lakukan Ramp Check Bus AKAP

Aktivis di Terminal Arya Wiraraja Kabupaten Sumenep, Jumat (31/3/2023). Humas Pemkab Sumenep Aktivis di Terminal Arya Wiraraja Kabupaten Sumenep, Jumat (31/3/2023).

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan dan Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali memiliki tips yang bisa diikuti agar perjalanan mudik menggunakan bus aman dan lancar.

Berikut rangkumannya yang disusun oleh Kompas.com, Selasa (4/4/2023) dari sumbernya langsung;

1. Pilih bus yang berizin

“Pastikan perusahaan bus berizin resmi, bisa cek di https://spionam.dephub.go.id/ secara mandiri lewat ponsel,” ucap Anthony.

“Memilih angkutan umum yang berizin serta terdaftar di spionam sistem perizinan online kementerian perhubungan akan lebih memberikan jaminan keamanan perjalan,” ucap Kurnia

Baca juga: Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi 19 April 2023

Terminal Arya wiraraja Sumenep. KOMPAS.com/ACH. FAWAIDI Terminal Arya wiraraja Sumenep.

Perlu diketahui, dengan memeriksa apakah bus memiliki izin atau tidak, pengguna akan mengetahui status armada tersebut apakah sudah melewati pemeriksaan atau bus gelap tanoa izin yang tidak jelas standar kualitasnya.

2. Pembelian tiket jauh-jauh hari

Pembelian tiket ini perlu disiapkan dengan matang, jangan sampai datang ke terminal belum memiliki tiket di hari keberangkatan. Itu akan membuat perjalanan Anda tidak pasti, rawan kena tipu.

“Beli tiketnya di agen resmi, website, atau online travel agen yang terpercaya agar tidak tertipu atau data penumpang bisa langsung tercatat pada bus dan sesuai dengan kursinya,” ucap Anthony.

Baca juga: 1,41 Juta Tiket Kereta Mudik Lebaran Sudah Terjual, Paling Laris H-2 dan H+2

Bus AKAP baru PO SAN Adiputro Bus AKAP baru PO SAN

“Membeli atau reservasi tiket secara online sehingga ketika ke terminal sudah membawa tiket, itu akan mempermudah perjalanan,” ucap Kurnia.

3. Survei harga,

Jelang mudik lebaran banyak calo yang memanfaatkan ketidaktahuan pengguna angkutan bus soal harga tiket. Apalagi, sebagian besar bus pasti mengalami kenaikan harga di hari mendekati lebaran. Jadi, penting sekali tahu harga tiket resminya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com