Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benelli Punya Sportbike Baru, Tornado 402 Harga Rp 72 Jutaan

Kompas.com - 04/04/2023, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Benelli baru saja meluncurkan motor baru bergaya sport fairing dengan nama Tornado 402. Motor baru ini dibanderol 31.800 Yuan atau setara Rp 72 jutaan.

Dikutip dari Ride Apart, Benelli Tornado 402 jadi produk yang dikembangkan dan dibuat di China. Mengingat sejak 2005, merek Benelli sudah dimiliki oleh Qianjiang, oleh karena itu, beberapa produknya ada yang dibuat di China.

Nama Tornado memang kerap dikaitkan ke produk motor sport dari Benelli. Untuk Tornado 402, merupakan motor fairing dengan model setang clip-on, memberikan kesan sporty saat berkendara.

Baca juga: Benahi Purnajual, Benelli Rekrut Pensiunan Yamaha

Benelli Tornado 402motorradonline.de Benelli Tornado 402

Kemungkinan, Benellii Tornado 402 akan diluncurkan di berbagai negara di mana motor 400cc masuk kategori prmium. Jadi bisa saja setelah China, motor ini hadir di berbagai negara di Asia dan Eropa.

Benelli menggunakan mesin yang baru, bukan 400 cc twin yang biasa ditemukan di motor Qianjian. Mesin baru di Tornado 402 ini menghasilkan 48 Tk di 10.000 RPM, cocok dengan regulasi A2 di Eropa.

Pada bagian sasis dari Tornado 402 ini juga tidak main-main. Misal untuk kaki-kaki belakang, menggunakan single sided swingarm dari aluminium, jadi bisa memamerkan desain dari pelek belakang yang juga aluminium polished.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Jelang Lebaran, mulai Rp 134 Juta

Pada bagian depan, menggunakan suspensi upside-down yang dipasang ke sasis besi tubular. Tersedia shock absorber belakang dari Marzocchi yang bisa disetel.

Untuk sektor pengereman, menggunakan kaliper dari Nissin. Ukuran cakram depan 300mm (ganda) dan di belakang 250 mm, sudah dilengkapi dengan ABS.

Fitur yang cukup unik adalah dipasang dashcam yang sudah built-in. Jadi kamera yang ada di balik windshiled ini bisa merekam kondisi lalu lintas, bisa disimpan ke smartphone memakai aplikasi tertentu.

Masih belum dipastikan kehadiran Benelli Tornado 402 ini di pasar Amerika atau Eropa. Tapi yang pasti, China menjadi negara pertama dan dijual pada musim semi 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com