Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hummer H3, Mobil Mewah dan Mahal tapi Tidak Nyaman?

Kompas.com - 20/03/2023, 13:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Hummer, merek mobil asal Amerika Serikat (AS) terkenal dengan produk SUV yang tangguh. Perawakan yang kekar diambil dari basis Humvee yaitu mobil militer angkatan bersenjata AS.

Hummer sendiri punya beberapa model jalan raya. Salah satu model terbarunya ialah Hummer H3 yang populasinya cukup banyak dan masuk ke Indonesia lewat tangan importir umum.

Baca juga: Jelang Seri Pembuka MotoGP 2023, Marc Marquez Kembali Kritik Aerobody

Namun karena dasarnya untuk mobil perang yang tangguh di segala medan, H3 dianggap kurang nyaman untuk jalan raya. Seperti dalam video yang diunggah akun TikTok Mekanik KW yang menyebut suspensi Hummer H3 keras.

@mekanikkw ga tau ya, ini hanya pendapat pribadi, kalau temen-temen bilang hummer itu nyaman ga salah juga. karna selera beda beda #mekanikkw #fyp #mobilseken #showroom #MekanikKw #fyp? ? suara asli - Mekanik KW

 

"Hummer H3 tahun 2010. Baru selesai servis, ganti oli, ganti filter, ganti filter oli bawah cek semua, scanning. Terus cek, lagi ke dalam. Personaly menurut saya ya, Hummer tidak ada yang nyaman dia menang gagah saja," sebut video itu dikutip Senin (20/3/2023).

"Jadi looks saat kita turun dari sebuah Hummer itu beda. Kalau saya rasain Hummer tidak pernah nyaman. Biasanya bos-bos di belakang. Tapi jarang sih ada yang mau di belakang karena di belakang itu rasanya lebih tidak nyaman lagi," kata dia.

"Biasanya bos-bos duduk di depan di samping sopir atau dia malahan yang bawa. Kalau bawa masih agak mending, enak, ketimbang kita dibonceng di belakang. Kalau dibonceng di belakang itu rasanya bantingannya terlalu, bukan terlalu ya, sangat-sangat keras," katanya.

Mobil dan motor mewah yang disita Komisi Pemberantasan Korupsi dari Bupati Hulu Sungai Tengah Abdul Latif tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/3/2018).Istimewa/KPK Mobil dan motor mewah yang disita Komisi Pemberantasan Korupsi dari Bupati Hulu Sungai Tengah Abdul Latif tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/3/2018).

"Engga enak lah pokoknya kalau menurut saya, tapi kalau menurut yang lain enak ya terserah," kata dia.

Baca juga: Vespa Lewati Turunan Curam Pakai Teknik Zig-zag, Apakah Aman?

Hummer H3 lahir perdana pada 2005. Secara dimensi generasi baru ini lebih kecil dari H2 dengan bobot 2,4 ton. Konsumsi bahan bakar diklaim lebih hemat yaitu 16-20 mil per galon atau 16-32 km per 3,7 liter.

H3 versi 2010 dibekali mesin bensin LH9 5.300 cc, dengan tenaga 300 HP pada 5.200 RPM dan torsi puncak 320 NM pada 4.000 RPM.

Hummer H3 punya sistem suspensi depan dengan tipe independent, lalu suspensi belakang model semi-floating. Ukuran diameter Shock Absorber depan dan belakang 46 mm, ditambah diameter Front Anti-Roll Bar 1,41 inci dan Anti-Roll Bar belakang 0,98 inci.

Melihat di lapak mobil bekas online, keberadaan H3 cukup banyak. Mayoritas ialah mobil keluaran tahun 2008-2011 dengan rentang harga antara Rp 925 juta sampai Rp 1,1 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com