Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Lewati Turunan Curam Pakai Teknik Zig-zag, Apakah Aman?

Kompas.com - 20/03/2023, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melewati jalan yang menurun cukup curam memang menjadi tantangan tersendiri. Ada saja cara orang agar bisa selamat sampai ke ujung turunan, salah satunya dengan manuver zig-zag.

Contoh manuver zig-zag bisa dilihat pada video di Instagram yang diunggah akun Hujatbaper. Pada video tersebut, pengendara Vespa sedang zig-zag ketika menuruni jalan yang curam, tertulis juga kalau begini trik menuruni turunan tajam saat liburan naik kendaraan.

Pengendara Vespa tadi juga tampak piawai mengendalikan motor klasik tersebut walau sedang boncengan. Tapi apakah manuver seperti ini aman untuk dilakukan?

Baca juga: Daftar Harga Vespa Matik Bekas, mulai Rp 20 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by hujatbaper (@hujatbaper)

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, teknik tadi sebenarnya tergantung dari kondisi motor yang digunakan. Jika rem masih bagus, maka jalan lurus seharusnya aman saja.

"Namun, apabila rem motor dirasa kurang maksimal, cara seperti si video tersebut dapat digunakan untuk meminimalisir gaya dorong kendaraan sehingga laju motor bisa lebih pelan," kata Agus kepada Kompas.com, Minggu (19/3/2023).

Tapi jika ingin melakukan teknik tersebut, pastikan kalau jalurnya aman. Aman di sini maksudnya adalah tidak ramai dan cenderung kosong.

Baca juga: Karoseri Laksana Luncurkan Medium Bus untuk SPS Travel

"Kalau ramai justru akan membahayakan pengendara lainnya, bisa tabrakan. Cara yang digunakan pengendara di video tersebut merupakan cara alternatif saja untuk mengurangi kecepatan agar rem motor tidak blong," kata Agus.

Perlu diingat juga, kalau memakai cara tadi, pengendara juga harus mampu mengendalikan motornya. Jangan sampai saat zig-zag justru malah tergelincir dan terjatuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com