Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Servis Power Sliding Door Mobil

Kompas.com - 20/03/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur pintu geser otomatis atau power sliding door pada mobil bisa terkendala dan rusak karena beberapa faktor. Permasalahan tersebut bisa dibagi menjadi kategori ringan dan berat.

Contoh dari kendala ringan yang mengganggu fungsi power sliding door adalah arus listrik yang tidak stabil. Solusinya cukup mudah, yakni melakukan reset di bengkel resmi.

Sedangkan permasalahan berat, bisa berupa sensor error karena beberapa sebab yang mengakibatkan kerusakan pada motor penggerak.

“Biasanya kendala berat terjadi gara-gara aksesori yang tidak sesuai standar, misalnya footstep karet dan karpet dasar yang enggak sesuai standar,” kata Heri Purnomo, Head of Staff technical Office Nasmoco Group kepada Kompas.com, Minggu (19/3/2023).

Baca juga: Selain MX-5, Mazda Enggan Jualan Mobil Transmisi Manual

Power Sliding Door (pintu geser otomatis) pada Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Power Sliding Door (pintu geser otomatis) pada Toyota All New Voxy

Menurut dia, jika ada aksesori yang dipasang tidak sesuai standar ada potensi akan menghalangi sensor otomatis dari power sliding door. Akibatnya, pintu enggan menutup atau terbuka dengan sempurna.

Power sliding door yang tidak bekerja dengan sempurna akan membebani kerja motor penggerak. Apabila hal itu terus berlanjut, motor bisa aus dan rusak.

“Kalau sudah rusak ya harus diganti. Tidak bisa dibenahi atau diperbaiki, harus ganti baru,” kata Heri.

Terkait biayanya, Heri menjelaskan jika biaya komponen cukup bervariatif, tergantung dari jenis mobil dan tingkat kerusakan yang terjadi. Namun, biaya jasa servis umumnya cukup serupa.

Baca juga: Bahaya, Jangan Siram Rem Skutik Pakai Air Saat Lewat Turunan Panjang

Servis mobil di bengkel resmi Nissan Setiabudi Semarang Servis mobil di bengkel resmi

“Kalau biaya jasa servis power sliding door, biasanya sekitar Rp 700.000 sampai Rp 800.000 dan tidak jauh berbeda di antara bengkel-bengkel resmi. Sedangkan harga total perbaikannya, akan diperiksa terlebih dahulu tingkat kerusakan dan komponen apa yang perlu diganti,” ucap Heri.

Heri menjelaskan, komponen yang umumnya diganti adalah motor penggerak. Harga satu setnya sekitar Rp 4,5 juta. Pastinya, biaya servis power sliding door akan menghabiskan dana di atas Rp 5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com