Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai motor disarankan agar menggunakan sepatu. Hal ini dilakukan demi menjaga kaki agar tidak parah cederanya saat terlibat kecelakaan.

Namun, memilih sepatu untuk riding juga tidak bisa sembarangan, ada model tertentu yang aman untuk berkendara. Tentu saja akhirnya demi kenyamanan pengendara juga untuk model sepatu yang dipilih.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, memberikan tips bagaimana sepatu yang aman untuk riding. Pertama adalah ukurannya harus pas dan nyaman di kaki pengendara.

Baca juga: Kolaborasi Kawasaki-Adidas, Hasilkan Sepatu Ninja

RC Motogarage hadirkan apparel berkendara untuk penggemar motor adventure dan motor customDok. RC Motogarage RC Motogarage hadirkan apparel berkendara untuk penggemar motor adventure dan motor custom

"Kedua, bagian sepatu dapat menutupi mata kaki agar lebih maksimal dalam melindungi kaki saat terjadi kecelakaan," ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (25/1/2023).

Artinya, model sepatu yang disarankan adalah high cut, atau model yang tinggi. Kalau model yang pendek, mata kaki kurang terlindungi, jadi risiko cedera bisa lebih parah.

"Ketiga, usahakan tali sepatunya tidak terlalu panjang, lalu ada hak di bagian telapak untuk menahan di footstep," kata Agus.

Baca juga: Ada Demo Lagi, Arus Lalu Lintas di Sekitar Gedung DPR Dialihkan


Tali sepatu yang terlalu panjang berisiko tersangkut atau terbang ketika kena embusan angin. Sedangkan yang ada hak memang lebih cocok di motor batangan atau bebek, di mana model footstep-nya cukup kecil.

Adapun untuk skutik, model sol rubber atau karet sudah cukup mencengkeram ke dek. Jadi, pengendara tidak kagok karena sepatu tidak licin ketika dipakai.

"Kelima, baiknya bahan yang digunakan waterproof dan fleksibel, jadi tidak terlalu kaku," ucap Agus.

Bahan sepatu yang waterproof tentu membuat pengendara tidak khawatir saat sepatu digunakan hujan-hujanan. Kalau soal fleksibel, tentu akhirnya untuk kenyamanan pengendara itu sendiri, jadi tidak mudah pegal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.